VIDEO: Pemandian Khusus Hijaber di Bekas Tambang Galian Batu Kapur Setigi

VIDEO: Pemandian Khusus Hijaber di Bekas Tambang Galian Batu Kapur Setigi

Lahan bekas tambang galian batu kapur di Gresik, Jawa Timur, yang sudah tidak beroperasi. Oleh warga setempat dimanfaatkan menjadi kolam pemandian, bernuansa alam. Menariknya kolam renang tersebut, khusus bagi kaum wanita, terutama yang berhijab, penasaran? simak videonya pada Fokus, (26/3/2021).

Pemandian khusus wanita dan berhijab ini berlokasi di Kawasan Wisata Selo Tirto Giri atau Setigi Desa Sekapuk, Gresik. Kolam pemandian khusus kaum hawa berada di dalam goa angin-angin. Memanfaatkan goa buatan bekas tambang galian kapur, sehingga terlihat unik dan eksotis.

Pengunjung bisa menikmati sensasi mandi layaknya putri keraton. Kolam dengan luas 105 meter persegi dan kedalaman 1,5 meter ini dikelilingi bebatuan alami yang indah, serta bisa mengintip alam terbuka dari celah langit-langit goa.

Sekar Dwi Cahyani, salah satu pengunjung mengaku dirinya seolah berada pada masa dahulu, bak putri kerajaan, apalagi pemandian ini sangat menjaga privasi pengunjung.

Pemandian ini merupakan upaya pengelola wisata Setigi untuk menciptakan wisata ramah lingkungan dengan nuansa islami, sesuai julukan Kota Gresik sebagai Kota Santri dan Kota Wali. Karena masih pandemi, pengunjung dibatasi 5 hingga 10 orang saja untuk menikmati pemandian selama 1 jam.

"Tebersit keinginan saya ingin membangun sebuah pemandian khusus untuk mereka yang berhijab dan sekaligus menjawab, bahwasanya wisata itu bukan media untuk zina, tapi wisata juga bisa dijadikan media dakwah, lebih-lebih kita adalah Gresik Kota Santri dan kita wujudkan tidak hanya sekedar jargon, dalam sisi usaha pun ada nilai syariah dan juga halalnya," terang Abdul Halim, Kepala Desa Sekapuk.

Bagi Anda wanita yang tidak membawa perlengkapan renang, jangan khawatir, pengelola telah menyiapkan persewaan pakaian dan hijab atau kerudung.

Untuk bisa menikmati pemandian hijaber pengunjung hanya membayar Rp 10.000 untuk tiket masuk. Wahana baru ini melengkapi wahana yang ada di Wisata Setigi, seperti kolam banyu gentong, becak air, topeng nusantara serta tangga derajat.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 28 March 2021, 14:44 WIB

Video Terkait

Spotlights