Sukses

PWI Jatim: Jurnalis Jangan Takut Jalankan Fungsi Sosial Kontrol

PWI Jatim mendorong kepada aparat penegak hukum untuk mengusut kasus jurnalis Nurhadi secara tuntas dan membawa pelakunya ke pengadilan.

Liputan6.com, Jakarta Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia Jawa Timur (PWI Jatim) mengutuk kekerasan yang dialami jurnalis Tempo Nurhadi saat menjalankan tugas jurnalistik di Surabaya pada Sabtu (23/3) malam.

Ketua PWI Jatim Ainur Rohim mengingatkan bahwa profesi wartawan dalam menjualankan tugasnya dilindungi oleh undang-undang, kode etik jurnalistik dan regulasi lain yang sah di mata hukum dan negara.

"Kejadian kekerasan yang dialami Nurhadi adalah bentuk ancaman terhadap hal-hal lebih prinsip dalam kehidupan pers nasional, yakni ancaman terhadap kebebasan dan kemerdekaan pers, yang diperjuangkan dengan pengorbanan besar dan mesti dilindungi negara Indonesia sebagai negara demokrasi,” katanya, Minggu, 28 Maret 2021, dilansir dari Antara.

PWI Provinsi Jatim memandang kejadian yang menimpa Nurhadi membuktikan bahwa ikhtiar untuk menjalankan dan menegakkan kebebasan dan kemerdekaan pers masih menghadapi banyak hambatan dan tantangan berat.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Usut Tuntas

"Kami mendorong kepada aparat penegak hukum untuk mengusut kasus ini secara tuntas dan membawa pelakunya ke peradilan agar mendapatkan hukuman yang setimpal atas perbuatannya," ujarnya.

Lebih lanjut, Ainur berharap pers nasional, khususnya di Jawa Timur, tidak surut dan tidak takut menjalankan fungsinya sebagai kekuatan sosial kontrol, khususnya terhadap kasus korupsi, perilaku pihak-pihak yang gandrung kepada kekerasan, dan lainnya, dengan tetap memperhatikan Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, Kode Etik Jurnalistik, dan regulasi lain yang sah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.