Sukses

154 UMKM Bakal Ramaikan Pameran Virtual di Surabaya

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Surabaya Rini Indriyani Eri Cahyadi mengatakan, persiapan pameran sudah mencapai 80 persen.

Liputan6.com, Surabaya - Sebanyak 154 usaha mikro kecil menengah (UMKM) bakal meramaikan pameran virtual Surabaya Virtual, Fashion Handycraft and Culinary Expo 2021 di Surabaya pada 9–11 April 2021.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Surabaya Rini Indriyani Eri Cahyadi mengatakan, persiapan pameran sudah mencapai 80 persen.

"Seperti pengambilan gambar baik video maupun foto produk UMKM sudah rampung dikerjakan," katanya, Senin (29/3/2021) seperti dikutip dari Antara.

Model yang digunakan dalam peraga busana kali ini adalah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Surabaya beserta istri dan para camat.

"Beberapa waktu lalu memang saya wajibkan untuk beli produk UMKM. Setelah itu, mereka yang menjadi peraga busananya sekalian. Alhamdulillah sudah selesai," ujarnya.

Selain itu, dia memastikan pada 2 April promosi mulai digencarkan di berbagai platform media, mulai dari sosial media yang dikelola oleh Pemkot Surabaya melalui video tron hingga mengajak influencer untuk ikut mempromosikan pameran virtual perdana itu.

"Jadi semasif mungkin promosi kami karena ini virtual jadi pengunjung bisa dari mana saja. Semakin luas informasinya maka pengunjung yang datang secara virtual juga akan semakin beragam," katanya.

Rencananya tepat pada 3 April mendatang, Rini akan menggelar simulasi pameran. Hal itu menjadi penting dilakukan agar pada saat hari H, kegiatan dapat berjalan lancar sesuai dengan harapan. Mulai dari pembukaan acara hingga pemutaran video produk di setiap sesinya.

"Kita coba simulasi. Mudah-mudahan pada saat hari H tidak ada kendala yang berarti," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doorprize

Tidak hanya itu, istri Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi ini pun menegaskan, agar pameran selama tiga hari tidak berlangsung monoton, maka, ia meminta kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Surabaya untuk menyiapkan berbagai kegiatan setiap sesinya, mulai dari talkshow, tari-tarian, fashion show, seminar hingga pembagian doorprize.

"Jadi tiap hari acaranya beragam. Selain belanja pengunjung virtual juga bisa ikut seminar dan pelatihan. Ada hadiah juga, wajib datang intinya," katanya.

Ia mengatakan pameran virtual ini tidak hanya disaksikan oleh warga Surabaya saja, tetapi mengundang kota yang tergabung dalam "sister city" dengan Surabaya, sehingga nantinya pengunjung yang hadir dari berbagai daerah bahkan mancanegara pun dapat ikut mengikuti kegiatan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.