Sukses

Pembangunan Ring Road Timur Madiun Bakal Habiskan Rp 600 Miliar

Penandatanganan kerja sama dilakukan sebagai bentuk sinergitas dua wilayah agar pembangunan ring road timur berjalan dengan baik.

Liputan6.com, Surabaya - Pemerintah Kota dan Pemerintah Kabupaten Madiun melakukan kerja sama pembangunan proyek jalan lingkar kota sebelah timur atau ring road timur guna mendongkrak kemajuan dan perekonomian di daerah setempat.

Wali Kota Madiun Maidi mengatakan proyek ring road timur akan berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat sekitar. Infrastruktur tersebut akan dibangun melintasi dua wilayah, yakni Kota dan Kabupaten Madiun.

"Dengan adanya ring road timur ini, dapat membuka kawasan ekonomi yang akan membawa dampak positif antara kota dan kabupaten," ujar Wali Kota Maidi usai Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kota Madiun dan Pemerintah Kabupaten Madiun tentang Kerja Sama Pembangunan Daerah di Kantor Bakorwil I Madiun, Senin, 29 Maret 2021.

Menurut ia, penandatanganan kerja sama dilakukan sebagai bentuk sinergitas dua wilayah agar tahapan mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan pembangunan ring road timur dapat berjalan dengan baik, dilansir dari Antara.

Selain itu, bertujuan supaya pengelolaan potensi sumber daya secara berkelanjutan dan percepatan pemenuhan pelayanan publik dapat semakin optimal.

"Selama ini kerja sama kita sudah cukup baik. Apa-apa selalu kita koordinasikan. Dengan adanya ini kerja sama yang sudah terjalin baik ini akan semakin ditingkatkan karena sudah ada payung hukumnya," kata Maidi.

Pihaknya menyebut ada banyak program pemerintah pusat untuk Jawa Timur wilayah barat. Pembangunan ring road timur salah satunya.

Keberadaan ring road timur tersebut bakal melewati wilayah kota dan kabupaten, sehigga membutuhkan kerja sama antar-kedua pemerintah daerah agar pembangunannya segera terealisasikan.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anggaran Pembangunan

Bupati Madiun Ahmad Dawami mengatakan dengan adanya penandatanganan pembangunan daerah tersebut diharapkan dapat menguntungkan kedua wilayah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Kerja sama ini penting untuk saling mendukung agar pembangunan dapat segera direalisasikan dan dirasakan masyarakat. Selain mampu mendongkrak perekonomian, adanya ring road timur diharapkan dapat menyerap tenaga kerja," kata Bupati Ahmad Dawami.

Plt Kepala Bakorwil I Madiun Karyadi berharap kerja sama akan semakin memantapkan pembangunan di kedua wilayah dalam memanfaatkan potensi masing-masing.

Karyadi menyebut terdapat 38 program kegiatan untuk wilayah Bakorwil I dengan anggaran mencapai Rp46,7 triliun. Beberapa di antaranya tentu pembangunan di Kota dan Kabupaten Madiun.

"Banyak potensi yang bisa disinergikan. Karenanya, butuh kerja sama yang baik agar potensi tersebut bisa termanfaatkan maksimal. Tentunya kami memberikan apresiasi yang tinggi untuk Kota dan Kabupaten Madiun atas kesepakatan kerja sama ini," kata Karyadi.

Rencana pembangunan ring road timur sudah mendapat lampu hijau pemerintah pusat dengan menggelontorkan anggaran sekitar Rp600 miliar.

Proyek ini merupakan salah satu proyek strategis nasional yang telah dituangkan di dalam Peraturan Presiden Nomor 80 tahun 2019 sebagai daerah yang masuk dalam rintisan pembangunan kawasan Selingkar Wilis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.