Sukses

Pemkot Sambut Baik Tawaran Grab Kembangkan UMKM dan Pariwisata Surabaya

Beberapa tawaran kerja sama yang diajukan, salah satunya terkait pengembangan pariwisata serta pemberdayaan UMKM lokal Surabaya.

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyambut baik tawaran kerja sama dari Grab Indonesia dengan pemkot di bidang pemberdayaan UMKM dan pengembangan pariwisata di tengah pandemi COVID-19 asalkan bermanfaat buat warga setempat.

"Secara teknis silakan dipaparkan ke teman-teman OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Pemkot Surabaya. Tapi, dari semua itu, kerja sama itu nantinya juga harus bermanfaat bagi warga saya," kata Wali Kota Eri saat audiensi dengan perwakilan Grab Indonesia di Balai Kota Surabaya, Senin, 29 Maret 2021.

Eri mencontohkan kerja sama itu dalam sektor pariwisata atau lebih tepatnya wisata kuliner. Secara otomatis, kerja sama itu harus memberikan manfaat kepada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), dilansir dari Antara.

"Ketika itu berjalan, nanti apa sih yang bisa didapat pelaku UMKM atau terhadap sentra wisatanya," ujarnya.

Oleh sebab itu, Eri kembali mengingatkan kepada perwakilan manajemen Grab Indonesia yang hadir agar benar-benar memikirkan manfaat dari kerja sama tersebut. Bagi dia, kerja sama yang akan terjalin itu dapat saling menguntungkan kedua belah pihak.

"Ketika hadirnya Grab nanti, buat sebuah MoU (nota kesepahaman) atau perjanjian dengan pemkot yang bisa bermanfaat untuk warga saya. Misalkan untuk pengembangan pariwisata atau bidang ekonomi," kata dia.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengembangan UMKM

Business Development Head East Java Grab Indonesia Irvan Prasetyo mengatakan beberapa tawaran kerja sama yang diajukan, salah satunya terkait pengembangan pariwisata serta pemberdayaan UMKM lokal Surabaya.

"Kami sangat peduli terhadap peningkatan UMKM. Untuk bisa mengangkat UMKM ini ada beberapa hal yang bisa kami lakukan untuk membantu," katanya.

Menurut dia, dukungan tersebut dapat melalui aplikasi maupun beberapa kegiatan yang sifatnya workshop atau pelatihan.

Seusai menyampaikan poin-poin tujuan audiensi kepada Wali Kota Surabaya, perwakilan Grab Indonesia menjelaskan paparannya lebih teknis kepada masing-masing kepala OPD terkait yang hadir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.