Sukses

Pantai Tlepuk Lumajang, Tempat Wisata Indah yang Terkendala Infrastruktur

Tempat itu juga memiliki danau yang berada di tengah antara muara dan laut, sehingga pemandangannya sangat eksotis.

Liputan6.com, Surabaya - Wisata pantai digemari masyarakat karena keindahan suasana yang menangkan. Salah satu daerah yang menyimpan kekeyaan bibir laut itu adalah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Daerah ini punya potensi besar dalam mengembangkan wisata air.

Di Kecamatan Pasirian, Lumajang, misalnya. Tempat ini punya banyak objek wisata pantai. Namun, di antara lokasi wisata tersebut ada yang masih perlu perhatian khusus agar bisa menjadi destinasi wisata unggulan baru di Kota Pisang tersebut.

Salah satunya pantai yang berada di Desa Gondoruso, Kecamatan Pasirian, yakni Pantai Tlepuk yang terdapat rawa dan muara sungai yang luas. Jarak muara sungai ke pantai kurang lebih 500 meter dengan luas keseluruhan mencapai 74 hektare, dilansir dari Antara.

Tempat itu juga memiliki danau yang berada di tengah antara muara dan laut, sehingga pemandangan cukup eksotis dan luar biasa indahnya. Apalagi, pada tepiannya ada pepohonan bonsai alami yang akarnya besar dan kuat dengan dedaunan yang rindang.

"Saat kami mengelilingi Pantai Tlepuk, mata kita akan disuguhkan keindahan bonsai-bonsai yang tumbuh secara alami. Ini adalah keindahan sangat luar biasa yang ada di Desa Gondoruso," kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

Sepanjang perjalanan menuju objek wisata Pantai Tlepuk, wisatawan disuguhi dengan pemandangan perkebunan coklat serta tebing yang menjulang tinggi dengan indahnya.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Semangat Kepala Desa

Pemkab Lumajang akan mengoptimalkan Pantai Tlepuk untuk menjadi salah satu potensi pariwisata unggulan. Akan tetapi, masih perlu adanya pembangunan infrastruktur dasarnya, seperti jalan masuk ke lokasi dan sarana penunjang lain, termasuk homestay dan sentra kuliner.

"Sehingga, pengunjung yang datang akan merasa nyaman. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Lumajang akan berusaha memberikan dukungan agar nantinya dapat bersinergi dengan program yang ada di pemerintahan daerah," tutur Thoriq.

Ia melihat semangatnya Kepala Desa Gondoruso untuk berbenah menjadikan Pantai Tlepuk sebagai salah satu destinasi pariwisata unggulan di Kabupaten Lumajang.

Pantai Tlepuk terletak di Kecamatan Pasirian atau sekitar 30 kilometer dari arah selatan Kota Lumajang. Objek wisata itu memiliki pesona yang sangat menarik untuk dikunjungi, sehingga sangat disayangkan apabila sedang berada di Kota Lumajang tidak menyempatkan diri singgah ke Pantai Tlepuk.

Kawasan pantai itu juga terdapat sebuah rawa yang sangat cocok dan bagus untuk dijadikan tempat memancing, sehingga wisatawan dapat menikmati indahnya pemandangan pantai serta memancing di sekitar rawa tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.