Sukses

Siap Diberangkatkan, 1.049 Calon Jemaah Haji Banyuwangi Divaksinasi Covid-19

Ia menjelaskan, vaksinasi dilaksanakan di rumah sakit, karena mayoritas calon haji telah berusia lanjut (lansia) yang termasuk risiko tinggi.

Liputan6.com, Surabaya - Sebanyak 1.049 calon haji asal Banyuwangi menjalani vaksinasi dosis pertama pada Selasa dan Rabu (30-31/3/2021) di lima rumah sakit.

"Alhamdulillah, tadi saya cek semuanya berjalan lancar, tidak ada kendala berarti. Vaksinasi ini adalah ikhtiar, kami berharap pelaksanaan ibadah haji tahun ini bisa lancar dan aman," ujar Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, Rabu, dikutip dari Antara.

Ia menjelaskan, vaksinasi dilaksanakan di rumah sakit, karena mayoritas calon haji Banyuwangi telah berusia lanjut (lansia) yang termasuk risiko tinggi.

"Vaksinasi ini sebagai salah satu syarat calon haji bisa berangkat. Saya minta terus menjaga kesehatan dan tetap patuhi protokol kesehatan. Semoga berangkat dan pulang dengan selamat serta sehat," kata I puk.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Prokes

Ipuk meminta kepada calon haji selama pelaksanaan vaksinasi tetap menaati prosedur, mulai verifikasi data, pemeriksaan kesehatan fisik, lalu divaksin, pencatatan dan tetap harus menunggu untuk melihat apakah ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau tidak.

"Apabila ada keluhan segera lapor petugas kesehatan. Sehat-sehat ya semuanya. Kami tunggu detail teknis pelaksanaan ibadah haji dari pemerintah Arab Saudi dan Kementerian Agama. Saya titip doakan untuk Banyuwangi dan Indonesia agar kita semua bisa melewati pandemi ini dengan baik," tutur Ipuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.