Sukses

Melihat Vaksinasi Covid-19 Drive Thru Lansia di Malang, Seperti Apa?

Dengan adanya vaksinasi secara drive thru tersebut, hal ini membuat cara lebih praktis dan lebih mudah dengan lokasi yang terbilang juga sudah strategis.

Liputan6.com, Surabaya - Pemkot Malang menggelar vaksinasi Covid-19 lansia secara Drive Thru. Acara ini dalam rangka HUT Kota Malang ke-107 dilaksanakan di belakang Mini Block Office dengan pintu masuk melalui Taman Rekreasi Kota (Tarekot).

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, sebenarnya bukan hanya sebagai kemudahan saja. Vaksinasi tersebut diinginkannya agar masyarakat bisa memahami bahwa vaksinasi tersebut memang tidaklah berbahaya.

"Gak usah ada yang ditakuti, karena di Malang sudah bisa kita buktikan. Apalagi dengan program ini bisa dipercepat ya. Sesungguhnya juga kita targetkan sekitar 6 sampai 7 ribu per hari," ujar Sutiaji, Kamis (1/4/2021) seperti dikutip dari TimesIndonesia.

Dengan adanya vaksinasi secara drive thru tersebut, hal ini membuat cara lebih praktis dan lebih mudah dengan lokasi yang terbilang juga sudah strategis.

"Ditargetkan, pertama ini kita coba 80 dulu ya. Nanti mudah-mudahan kalau diumumkan sampai jamnya berapa dan jedanya berapa, paling tidak 300 kita mampu. Apalagi tempat juga mumpuni saya kira ya," ungkapnya.

Selain itu, dalam pelaksanaan vaksinasi drive thru tersebut, dikatakan Sutiaji, nantinya semoga bisa terus dilakukan dengan beberapa titik yang berbeda.

"InsyaAllah di GOR Ken Arok dan yang kedua di depan Stadion Gajayana Malang," katanya.

Kemudian dalam target vaksinasi drive thru sendiri, lanjut Sutiaji, nantinya akan dilakukan sebanyak mungkin dan semaksimal mungkin.

Namun warga Kota Malang sendiri juga dipersilahkan melakukan vaksinasi di fasilitas layanan kesehatan (Fasyankes) yang telah disediakan, yakni 16 Puskesmas, 24 Rumah Sakit dan sekitar 40 an klinik yang tersebar di Kota Malang.

"Sebanyak mungkin lah (target vaksinasi drive thru). Nanti masyarakat akan kita pilih siapa yang memakai drive thru dan nanti juga bisa di fasyankes ya," tuturnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

80 Orang

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang Husnul Muarif yang juga ikut mendampingi Wali Kota Malang saat melihat gelaran vaksinasi drive thru menyebutkan, untuk saat ini gelaran vaksinasi drive thru memang dilakukan dalam satu hari ini saja.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB tersebut dilakukan dengan kapasitas awal sekitar 80 orang saja dengan kegiatan vaksin lansia di tempat berbeda dengan hari yang sama.

"Kuota kita 80 an lansia ya sekarang. Terus yang berada di RS Lavallete hari ini sekitar 220 orang. Untuk disini (drive thru) kita lakukan hingga pukul 14.00 WIB," jelasnya.

Dengan percobaan satu hari dengan menggunakan mekanisme drive thru tersebut, dikatakan Husnul nantinya akan kembali di evaluasi untuk bisa melaksanakan kembali vaksinasi drive thru sesuai keinginan Wali Kota Malang.

"Kita coba satu hari, nanti akan kita lakukan evaluasi. Maka nanti semoga ada lagi pelaksanaan drive thrunya," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.