VIDEO: Warga Dusun Bondeli Terisolir Akibat Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru

VIDEO: Warga Dusun Bondeli Terisolir Akibat Banjir Lahar Dingin Gunung Semeru

Banjir lahar dingin Gunung Semeru akibat hujan deras, kembali menerjang daerah aliran Sungai Leprak, Desa Sumber Wuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang. Banjir yang membawa material vulkanik ini terjadi setelah kawasan gunung tertinggi di Pulau Jawa itu diguyur hujan deras semalaman.

Sebanyak 67 kepala keluarga di Desa Bondeli Selatan, Sumber Wuluh, terisolir, padahal Dusun Bondeli berada di seberang sungai dan tidak ada akses jembatan penyeberangan. Berikut seperti dilansir pada program Fokus, (31/3/2021).

"Warga pas waktu seperti ini, diam di rumah menunggu hujan atau banjir ini reda," kata Samsul Arifin, Sekretaris desa Sumber Wuluh.

Untuk menuju Dusun Bondeli, warga harus menyeberang sungai sebagai satu-satunya jalan masuk dan keluar Dusun Bondeli, jika air sungai surut.

"Kalau baru datang banjirnya ndak bisa nyeberang, kalau sekarang agak kecil ini bisa, jadi walaupun seperti ini bisa maksa, apalagi ada kebutuhan yang darurat," tutur Wagiran, Warga Desa Sumber Wuluh.

Selain Sungai Leprak, banjir lahar Gunung Semeru juga mengalir ke sejumlah daerah aliran sungai di antaranya, Sungai Curah Koboan dan Lengkong. Meski begitu tidak ada laporan korban akibat banjir lahar kali ini.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 02 April 2021, 14:58 WIB

Video Terkait

Spotlights