Sukses

VIDEO: Hujan Deras Mengakibatkan Banjir dan Longsor di Madiun

Liputan6.com, Jakarta Hujan deras yang mengguyur Kota Ponorogo, mengakibatkan ruas jalan di Kecamatan Dolopo dan permukiman warga di Desa Pucang Sewu, Madiun, terendam banjir. Selain itu, hujan deras juga mengakibatkan tebing setinggi 7 meter di jalan alternatif Madiun menuju Surabaya longsor, akibatnya material berupa batu, lumpur, dan batang kayu menutup jalan sehingga membuat arus lalu lintas macet total. Berikut kita simak liputannya pada Fokus, (2/4/2021).

Banjir yang terjadi di jalan raya Surabaya menuju Ponorogo, tepatnya di Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun. Meski air tidak terlalu tinggi, namun kondisi ini membuat arus lalu lintas tersendat.

Selain ruas jalan, genangan air banjir juga merendam permukiman warga di Desa Pucang Sewu. Tingginya curah hujan juga menyebabkan tebing setinggi 7 meter di jalan alternatif Madiun menuju Surabaya di Kecamatan Kare longsor.

Akibatnya material berupa batu, lumpur, bahkan batang kayu menutup badan jalan, hingga membuat lalu llintas macet total. Dengan alat seadanya, warga dibantu anggota Kepolisian berusaha membersihkan material longsor, agar jalan kembali bisa dilalui.

“Sekitar jam 6 curah hujan sangat tinggi, jadinya longsor yang di atas itu sekitar 7 meter ndak kuat menahan curahnya hujan,” terang Bripka Nofa Ristya, Anggota Kijang Polres Madiun.

Tebalnya material longsor membuat proses evakuasi sulit dilakukan, hingga Kamis malam belum semua material longsor berhasil dievakuasi warga dan petugas.