Sukses

Bupati Banyuwangi Ajak Ribuan Orang Belanja dalam Satu Hari

Ada Hari Belanja Pasar Rakyat dan UMKM di Banyuwangi, Minggu (4/4/2021).

Liputan6.com, Surabaya- Ada Hari Belanja Pasar Rakyat dan UMKM di Banyuwangi, Minggu (4/4/2021). Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani memimpin langsung gerakan pemulihan ekonomi lokal ini.

Dalam kegiatan ini ia melibatkan pemerintah daerah dan berbagai elemen masyarakat. Ribuan orang dibagi ke dalam beberapa kelompok dan diminta untuk berbelanja ke pasar atau UMKM yang sudah ditentukan di Banyuwangi.

“Optimistis transaksi bisa sampai ratusan juta rupiah karena ada ribuan orang yang ikut,” ujar Ipuk, seperti yang dikutip dari Antara.

Mereka datang ke pasar tradisional dan UMKM tidak hanya membeli bahan baku pangan, tapi juga berbagai barang lainnya seperti pakaian, tas, perlengkapan ibadah, alas kaki, peralatan memasak, peralatan kebersihan, dan sebagainya.

Ipuk yakin gerakan ini tidak membebani karena peserta yang ikut juga memiliki antusiasme untuk menggerakkan pasar tradisional dan UMKM.

“Jadi bukan karena sungkan untuk menolak bupati yang ngajak ke pasar lalu mereka mau ikut,” ucapnya.

Gerakan ini juga menjadi bagian dari program UMKM Naik Kelas di Banyuwangi. Belanja langsung ke pasar tradisional dan UMKM menjadi strategi jangka pendek di masa pandemi Covid-19.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.