Sukses

Viral, Aksi Heroik Nelayan Selamatkan Paus Terdampar di Perairan Tuban

Liputan6.com, Surabaya- Sejumlah nelayan menyelamatkan paus yang terdampar di kawasan pesisir pantai di Desa Karangsari, Kecamatan Kota Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Sabtu (3/4/2021). Aksi heroik nelayan Tuban mereka menyelamatkan paus yang nahas itu juga ramai dan viral di media sosial.

Tak pelak, mereka mendapat pujian dan sejumlah warganet merasa kasihan dengan paus yang terdampar di laut Tuban.

"Kalau masih idup, balikin aja k laut kakak, kasihan," komentar salah satu warganet dengan akun Instagram, rumayda_setiawan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, paus yang terdampar itu pertama kali diketahui oleh nelayan yang menyandarkan perahunya. Kemudian, paus sepanjang sekitar 13 meter sampai 15 meter itu dievakuasi oleh nelayan untuk dikembalikan ke tengah laut.

"Pausnya masih hidup tadi," ujar Wasri (43), salah satu warga.

Mengetahui hal itu, sejumlah nelayan langsung menghampiri paus yang berukuran sekitar perahu nelayan. Menurutnya, para warga dan nelayan kemudian secara beramai-ramai menarik paus itu ke tengah laut ketika air pasang.

"Ikannya tadi ditali, terus ditarik ke tengah oleh teman-teman nelayan. Kalau kelamaan takut mati ikannya," tutur Wasri.

Lebih lanjut, paus itu juga menjadi tontonan anak-anak nelayan dan sempat dinaiki sebelum akhirnya di tarik ke tengah laut. Momen langka itu akhirnya juga dijadikan ajang untuk foto-foto sebelum paus ditarik ke tengah laut.

"Anak-anak ikut melihat pausnya dan juga sempat dinaiki. Kondisinya masih hidup,” ucap warga Tuban ini.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: