Sukses

VIDEO: Paus Orca Terdampar dan Mati di Pantai Bangsring

Liputan6.com, Jakarta Warga geger melihat seekor paus orca terdampar dan dalam kondisi mati di Pantai Bangsring, Banyuwangi pada Sabtu (03/4). Sehari sebelumnya paus orca tersebut ditemukan nelayan dalam kondisi hidup, terombang ambing di perairan dangkal, nelayan pun mencoba menggiring predator berukuran besar ini ke perairan dalam.

Namun upaya nelayan tersebut tak membuahkan hasil. Diduga paus mati akibat penyakit, atau terlalu banyak mengkonsumsi sampah laut. Sementara warga berharap petugas segera mengevakuasi bangkai paus dari lokasi pantai. Berikut kita simak videonya pada Fokus, (4/4/2021).

Dari kejauhan, keberadaan paus langsung menarik perhatian nelayan di perairan Pantai Bangsring, Banyuwangi, hari Jumat. Paus orca ini tampak lemas dan kebingungan.

Oleh nelayan, paus yang termasuk jenis predator ini lalu digiring ke lautan lepas agar bisa kembali bertemu kelompoknya. Namun Sabtu pagi, warga dikejutkan dengan keberadaan sesosok paus orca terdampar di Pantai Bangsring, Banyuwangi dalam kondisi mati. Sebab sehari sebelumnya, beredar di akun media sosial, salah satu warga, video yang merekam paus orca.

“Ada di tengah laut mulai lemes, tadi pagi denger kabar dari temen saya katanya ada paus mati di pinggir laut, lalu saya datang ke sini untuk melihatnya, ternyata bener kayak kemarin di story temen saya itu,” kata Mahwan, Warga.

Rupanya upaya penyelamatan nelayan sekitar menggiring paus ke laut lepas tak membuahkan hasil, kini warga kebingungan akan diapakan bangkai paus besar tersebut.

Warga lalu melaporkan temuan bangkai paus orca ini ke petugas Satpolair Polresta Banyuwangi, polisi belum bisa memastikan penyebab kematian paus, namun melihat kondisi keluarnya darah dari mulut satwa tersebut, ada dugaan paus mati akibat penyakit atau terlalu banyak mengkonsumsi sampah laut. Sementara warga hanya bisa berharap petugas segera mengevakuasi bangkai paus dari lokasi pantai.