Sukses

7 Destinasi Wisata Pulau di Madura yang Wajib Dikunjungi, Alam Lautnya Memesona

Liputan6.com, Jakarta Destinasi wisata pulau di Madura berlokasi di wilayah Sumenep. Terdapat beberapa pulau kecil yang berada di sekeliling Pulau Madura yang bisa dijadikan destinasi wisata menarik. Keindahan alam kepulauan dengan pantai dan laut yang indah tentu akan membuat kamu terpesona.

Wisata pulau di Madura ini mungkin belum terlalu banyak terdengar. Bahkan, wilayah Sumenep sebagai daerah wisata juga belum begitu dikenal di Indonesia. Padahal, Kabupaten Sumenep ini menyimpan sejuta pesona wisata yang luar biasa. 

Destinasi wisata pulau di Madura menawarkan keindahan alam laut yang tiada dua. Menyeberangi pulau-pulau di Madura ini bisa kamu jadikan alternatif liburan menyenangkan. Kamu akan takjub dengan betapa indahnya alam Sumenep yang belum terlalu sering terjamah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (5/4/2021) tentang destinasi wisata pulau di Madura.

2 dari 4 halaman

Gili Iyang dan Gili Genting

Gili Iyang

Destinasi wisata Pulau di Madura pertama yang wajib kamu kunjungi adalah Gili Iyang. Gili Iyang merupakan pulau kecil yang terletak di antara gugusan pulau-pulau di sebelah timur Pulau Madura.

Pulau satu ini digadang-gadang memiliki udara dengan kadar oksigen tertinggi. Wisata di Sumenep ini menawarkan pantai pasir putih yang sangat panjang dengan air pantai yang sangat jernih dan tenang.

Ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan seperti berjemur di pinggir pantai, bermain air dan berenang, snorkeling, berkeliling di area pulau, berswafoto, hingga menikmati keindahan matahari terbenam.

Gili Genting

Destinasi wisata pulau di Madura berikutnya adalah Gili Genting. Bagi kamu yang ingin menikmati liburan seakan berada di Hawaii, tempat inilah jawaban yang tepat. Kamu bisa mengunjungi berbagai spot, seperti Pantai Sembilan hingga Pantai Kahuripan. Pemandangan alam  lautan yang eksotis akan kamu dapatkan saat berkunjung ke Pulau ini.

3 dari 4 halaman

Gili Labak dan Gili Pandan

Gili Labak

Gili Labak merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah tenggara Pulau Puteran atau Pulau Madura. Masih terletak di Kabupaten Sumenep, destinasi wisata pulau di Madura ini tidak kalah menawan untuk dikunjungi.

Gili Labak memiliki garis pantai hampir di seluruh bagian sisi pulau. Seluruh area pantai ini benar-benar masih sangat bersih tanpa polusi. Begitu juga dengan air pantainya, yang terlihat sangat jernih dan berwarna bening kebiru-biruan.

Beberapa area pantai di gili ini masih memiliki kawasan terumbu karang yang sangat memukau. Area terumbu karang ini sangat cocok dimanfaatkan sebagai lokasi untuk melakukan aktivitas snorkeling.

Gili Pandan

Gili Pandan merupakan destinasi wisata pulau di Madura yang tak kalah menawan. Bagi kamu yang ingin menikmati liburan seakan-akan memiliki pulau pribadi, Gili Pandan bisa menjadi pilihanmu. Sebagai pulau tak berpenghuni, Gili Pandan menawarkan keindahan alam yang mengagumkan. Nuansa alami dari pulau tropis ini tidak terbantahkan karena pasir pantai yang putih bersih dan air laut yang tenang.

4 dari 4 halaman

Kepulauan Kangean, Pulau Sapeken, dan Pulau Mamburit

Kepulauan Kangean

Kepulauan Kangean merupakan pulau besar yang berada di ujung paling timur wilayah Madura. Di Kepulauan Kangean, kamu bisa menyusuri wisata pulau-pulau besar seperti Kangean, Pulau Paliat, dan Pulau Sepanjang.

Destinasi wisata pulau di Madura ini menawarkan keindahan wisata pantai dan wisata bahari yang kaya dengan biota bawah laut. Bagi kamu yang menyenangi kegiatan diving dan snorkeling, Kepulauan Kangean merupakan destinasi wajib. Hal ini disebabkan karena alam bawah lautnya sangatlah indah dan belum sering terjamah.

Pulau Sapeken

Destinasi wisata pulau di Madura selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Pulau Sapeken. Pulau Sapeken merupakan salah satu pulau terluar yang ada di Kepulauan Madura.

Pulau ini menawarkan daya tarik berupa kawasan terumbu karang yang sangat indah. Jadi, buat kamu penikmat alam bawah laut, Pulau Sapeken wajib kamu masukkan ke dalam daftar snorkeling.

Pulau Mamburit

Pulau Mamburit terkanal dengan keindahan pantainya. Pulai ini memiliki keindahan alam bawah laut yang tidak kalah seperti di Indonesia bagian Timur. Memiliki hamparan pasir putih, air laut yang jernih serta terumbu karang membuat suasana di pulau ini begitu asri.

Tak berbeda dengan deretan pulau di Sumenep lainnya. Di sini kamu juga bisa snorkeling untuk menikmati keindahan kehidupan bawah laut. Destinasi wisata pulau di Madura satu ini harus menjadi daftar kunjunganmu.