Sukses

Pariwisata Inklusif Sandiaga untuk Disabilitas, Seperti Apa?

Liputan6.com, Surabaya - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong adanya pembangunan infrastruktur pariwisata, khususnya sarana dan prasarana yang ramah disabilitas. Termasuk toilet umum yang menurutnya harus bersih dan layak serta mengakomodasi para penyandang disabilitas .

"Karena temen-temen disabilitas ini harus menjadi bagian daripada pariwisata, jadi atraksinya harus juga inklusif bagi temen-temen disabilitas," kata Sandiaga, Selasa (6/4/2021).

Kehadiran disabilitas menjadi bukti terwujudnya pariwisata yang inklusif, berkualitas, berkelanjutan dan pariwisata yang berpihak kepada para penyandang disabilitas.

"Termasuk juga pembukaan lapangan kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk para penyandang disabilitas," imbuh Mas Menteri.

Kehadiran para disabilitas dinilai Sandiaga sebagai bentuk semangat atas kebangkitan sektor parekraf nasional.

2 dari 3 halaman

Sesuai UU

Hal itu, kata Sandiaga, sesuai dengan Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 yang menargetkan 1-2 persen dari penyandang disabilitas diberikan lapangan pekerjaan yang berkualitas oleh sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Sekaligus ini sebagai penebar manfaat, semangat dan juga kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif. Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah berkolaborasi," kata Sandiaga.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: