Sukses

Khofifah: Stok Pangan Jatim Aman Hadapi Ramadan

Liputan6.com, Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan stok bahan pangan di Jatim aman dan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan dan Lebaran 2021.

"Sekarang ini beras kita, sembako kita, semua dalam keadaan sangat cukup," ujar Khofifah, Selasa (5/4/2021).

Menurut dia, kondisi stok pangan yang cukup tersebut didukung oleh upaya penyerapan padi dan beras milik petani oleh Bulog. Pihaknya telah meminta Bulog untuk maksimal dalam menyerap beras petani sehingga normalisasi dan stabilisasi harga dapat terjamin.

"Kalau kita segera melakukan penyerapan beras, lalu ada normalisasi dan stabilisasi harga, maka menjelang Ramadhan dan lebaran kita bisa menikmati harga yang lebih baik dari sekarang ini," kata Khofifah.

Ia menjelaskan selain stok yang aman, harga-harga sejumlah bahan pangan juga tergolong stabil. Pihaknya tidak menampik akan ada kenaikan harga saat Ramadhan dan lebaran karena tingginya permintaan. Namun, kenaikan harga tersebut dinilai masih dalam batas normal.

2 dari 3 halaman

Tidak Naik Harga

"Untuk harga-harga, yang lain dalam kondisi stabil. Kecuali memang cabai yang masih di atas sedikit rata-rata. Kemudian telur sedikit di bawah HET dan beras di bawah HET," katanya.

Khofifah juga memastikan beras tidak akan mengalami kenaikan harga signifikan menyusul saat ini sejumlah wilayah di Jatim sudah mulai panen raya. Seperti di Bojonegoro, Lamongan, dan juga Ngawi yang merupakan daerah lumbung.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: