Sukses

VIDEO: Kebun Binatang Surabaya Adakan Program Orangtua Asuh Satwa, Tertarik?

Liputan6.com, Jakarta Salah satu upaya mengedukasi masyarakat untuk lebih peduli dengan pelestarian satwa, Kebun Binatang Surabaya (KBS) membuka program orang tua asuh bagi satwa koleksi kebun binatang. Saat ini ada 15 satwa yang telah mempunyai orang tua asuh. Yakni gajah sumatera, binturong, serta walabi, dan buaya senyulong. Berikut seperti diberitakan pada Liputan6, (5/4/2021).

Salah satu upaya pelestarian satwa Kebun Binatang Surabaya, saat pandemi Covid-19, pengelola KBS membuka program orangtua asuh bagi berbagai jenis satwa koleksinya.

Pihak pengelola KBS mengajak masyarakat, untuk ikut memiliki satwa koleksi Kebun Binatang Surabaya, dengan cara menjadi orangtua asuh atau donatur tetap per makanan dan perawatan satwa. Melalui program orangtua asuh satwa KBS, masyarakat diharapkan ikut berperan aktif dalam upaya pelestarian satwa, terutama satwa asli Indonesia yang saat ini sulit ditemui di habitatnya. Saat ini ada 15 satwa Kebun Binatang Surabaya yang memiliki orangtua asuh, di antaranya, gajah sumatera, binturong, serta walabi dan buaya senyulong.

“Kebun Binatang Surabaya merupakan salah satu ikon Kota Surabaya, yang harus juga dimiliki dan menjadi tanggung jawab seluruh stake holder, bukan hanya pemerintah daerah, bukan hanya manajemen KBS, tapi juga masyarakat, tokoh masyarakat, pengusaha, para perusahaan-perusahaan yang peduli dengan lembaga konservasi, dan juga menjaga bagaimana lingkungan ruang terbuka hijau tetap terjaga di Kota Surabaya, ini untuk mengajak mereka bersama-sama membangun, dan meningkatkan untuk supaya Kebun Binatang Surabaya bisa melakukan percepatan, untuk membangun menuju modern zoo, tapi tidak meninggalkan nilai heritage,” jelas Chairul Anwar, Dirut Kebun Binatang Surabaya.

Indah Kurnia, salah satu orangtua asuh buaya senyulong mengatakan dirinya senang dan bangga, menjadi orangtua asuh satwa, karena bisa merasa ikut memelihara dan melestarikan satwa.

“Saya memilih boyo sebagai yang saya asuh, melalui program Bank Indonesia, kami ikut ambil bagian dalam merawat dan melestarikan yang namanya satwa yang semuanya itu berasal dari Indonesia, hari ini di kandang buaya senyulong, punya spesifikasi yang rahangnya seperti sumpit panjang,” kata Indah Kurnia, Orangtua Asuh Satwa KBS.

Bagaimana, Anda tertarik menjadi orangtua asuh satwa di Kebun Binatang Surabaya, bisa langsung ke Kebun Binatang Surabaya, selanjutnya tentukan satwa mana yang ingin diasuh. Besarnya biaya perawatan tiap satwa bagi orangtua asuh satwa akan ditentukan oleh pihak KBS.