Sukses

VIDEO: Sambut Datangnya Ramadan, Warga Mencuci Perlengkapan Salat di Umbulan

Liputan6.com, Jakarta Ada tradisi unik yang digelar warga Pasuruan, Jawa Timur, setiap menjelang bulan suci Ramadhan, ratusan warga berbondong-bondong menuju sumber mata air, untuk mencuci karpet, sajadah, dan tikar masjid atau musala, serta peralatan ibadah lainnya untuk mensucikan perlengkapan ibadah. Berikut seperti dilansir pada Liputan6, (6/4/2021).

Menjelang bulan suci Ramadhan, sumber mata air Umbulan, di Desa Umbulan, Kecamatan Winongan, Pasuruan, ramai didatangi warga. Ada yang membawa gulungan karpet, atau tikar masjid, serta peralatan ibadah seperti sarung, mukena, dan sajadah.

Mereka bukan hendak salat berjamaah di tempat ini, tetapi menjalankan tradisi bersih-bersih perlengkapan ibadah yang sudah berlangsung ratusan tahun. Warga yang mencuci perlengkapan ibadah di sini, bukan hanya pengurus masjid, namun juga masyarakat umum dan pondok pesantren.

Ada yang datang dari luar desa, seperti Lekok dan Grati, bahkan dari luar kota seperti Probolinggo. Menurut beberapa warga, air di sumber mata air Umbulan ini melimpah, sehingga peralatan ibadah yang dicuci di tempat ini diyakini bisa lebih bersih.

Setelah mencuci seluruh peralatan ibadah, warga menutup tradisi dengan mandi di sumber mata air Umbulan, untuk mensucikan diri. Menurut keyakinan warga sekitar mata air dari sumber Umbulan ini menyehatkan, karena masih alami.