Sukses

VIDEO: Lezatnya Cita Rasa Strudel Ubi Madu Khas Lereng Gunung Semeru

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda penggemar ubi, olahan kuliner ini patut dicoba. Kue strudel ubi madu ini menggunakan bahan dasar dari ubi madu khas lereng Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. Olahan kue tersebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, serta bercita rasa manis dan gurih. Untuk kue strudel ubi madu ini sudah dipasarkan ke sejumlah kota di Indonesia seperti Bali, Lombok, Bekasi, dan Cirebon. Berikut seperti dilansir pada Fokus, (31/3/2021).

Dibantu dua karyawannya, Khusnul Khotimah (32), warga Desa Sukorejo, Kecamatan Pasrujambe, Lumajang, membuat kue strudel berbahan ubi madu khas lereng Gunung Semeru.

Untuk membuatnya cukup sederhana. Ubi madu dicuci bersih, kemudian dikupas dan direbus hingga matang, untuk kemudian dihaluskan. Selanjutnya buat adonan tepung yang diolesi cokelat, setelah itu, ubi madu yang sudah dihaluskan diratakan di atas adonan tepung dan diberi cokelat lagi, lalu dilipat secara perlahan.

Bagian atas kue diolesi kuning telur, dan parutan keju, lalu dioven hingga matang. Usaha kue strudel ubi madu ini berawal dari keinginan Khusnul Khotimah, memanfaatkan ubi madu khas lereng Gunung Semeru yang melimpah di Kabupaten Lumajang khususnya. Tak disangka usahanya berhasil, dan kue strudel madu yang bercita rasa manis dan gurih ini banyak yang suka.   

“Berawal dari melimpahnya ubi madu di Kecamatan Pasrujambe, sehingga kami berinisiatif untuk membuat olahan strudel dengan berbahan dasar ubi madu, untuk pemasarannya melalui media sosial, pemesanan Bekasi, Bali, Kalimantan, Lombok, Cirebon,” kata Khusnul Khotimah, Pembuat Kue Strudel Ubi Madu.

“Rasanya enak banget, cokelatnya itu lumer, tapi ada teksturnya waktu kita gigit pertama, strudel ini enaknya disimpen di kulkas, terus dimakan saat sudah mulai dingin, jadi makin renyah strudelnya,” ungkap Adelia, Penikmat Strudel Ubi Madu.

Selain enak, ubi madu diyakini memiliki karbo hidrat tinggi, sehingga bisa digunakan pengganti nasi. Ubi madu juga mengandung serat magnesium, folat, mangaan, serta beberapa kandungan vitamin lainnya, yang baik untuk kesehatan.

Satu kotak kue strudel ubi madu dijual Rp 35.000. Kue strudel ubi madu ini dipasarkan melalui media sosial, hingga bisa dikirim ke sejumlah kota di Indonesia, seperti, Bali, Lombok, Bekasi, dan Cirebon.