Sukses

VIDEO: Perajin Mahkota Kubah Masjid di Jombang Kebanjiran Pesanan

Liputan6.com, Jakarta Menjelang bulan Ramadhan, perajin mahkota kubah masjid dan musala di Kecamatan Jogoroto, Jombang, Jawa Timur, mulai kebanjiran pesanan. Untuk satu unit mahkota kubah, dikerjakan dalam waktu 2 hingga 3 hari, serta harga sebuah kubah masjid ini bervariasi antara Rp 300 ribu hingga Rp 3,5 juta sesuai dengan ukuran.

Setiap memasuki bulan Ramadhan selalu menjadi berkah bagi pengrajin mahkota kubah, karena dalam 1 bulan mampu menyelesaikan 20 hingga 25 unit mahkota kubah. Dan omzet penjualannya meningkat hingga mencapai Rp 20 juta dalam satu bulan. Berikut video liputannya pada Fokus, (1/4/2021).

Salah satu perajin kubah masjid di Desa Janti, Kecamatan Jogoroto, Jombang, sejak 2016 lalu adalah Imam Mutaqin, pria perantauan dari Ciamis, Jawa Barat ini, mengadu nasib dengan membuat kaligrafi dan kubah musala dari bahan logam stainless. Setiap menjelang bulan puasa, Imam banyak menerima pesanan mahkota kubah masjid.

Satu unit mahkota kubah, dikerjakan dalam waktu 2 hingga 3 hari. Harga satu kubah masjid ini bervariasi antara Rp 300 ribu hingga Rp 3,5 juta sesuai dengan ukuran. Dalam sebulan rata-rata mampu menyelesaikan 20 hinga  25 unit mahkota kubah. Pemesanan kubah masjid banyak dari luar kota, selain Jombang, di antaranya dari Sidoarjo, Surabaya, Malang, Banyuwangi, dan Lamongan.

“Ada peningkatan lumayan, sekitar 30 persenan, hari-hari biasa sekitar 15 sampai 25 unit, sekarang ya sekitar 30 sampai 35, pesenan dari sekitar Jombang, terus dari luar Jombangnya, dari Sidoarjo, Surabaya, sampai Banyuwangi, Lamongan juga masuk,” ungkap Imam Mutaqin, Perajin Mahkota Kubah.

Omzet yang didapat dari sebulan bisa mencapai Rp 20 juta. Untuk menjaga kualitas kubah masjid, Imam sengaja mengerjakannya sendiri, dengan memakai bahan plat stainless yang bisa bertahan hingga puluhan tahun.