Sukses

Gubernur Khofifah Minta Rehabilitasi Masjid Jadi Prioritas Pasca Gempa Malang, Mengapa?

Liputan6.com, Surabaya- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memprioritaskan rehablitasi masjid pasca gempa Malang. Gubenur Khofifah mempertimbangkan Senin (12/4/2021) sudah tarawih.

"Awal Ramadhan 1442 Hijriah, masyarakat muslim di Jatim sangat membutuhkan masjid untuk beribadah, oleh karena itu, bangunan masjid yang rusak harus segera dibenahi," ujar Gubernur Khofifah seperti yang dikutip dari Antara, Minggu (11/4/2021).

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim hingga Sabtu malam (10/4/2021), tempat ibadah yang mengalami kerusakan yakni di Kabupaten Malang sebanyak 14 unit, Masjid Baiturohman Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan, dua unit masjid di Kabupaten Blitar, dan satu unit masjid di lingkungan BTN Gedog di Kota Blitar.

Kemudian, satu unit masjid di Kabupaten Probolinggo, satu unit masjid dan satu unit musala di Jember, lalu di Tulungagung terdapat dua unit masjid dan dua unit musala.

Gubernur Khofifah juga menyampaikan bahwa rekonstruksi untuk yang berat-berat akan dilakukan berikutnya, sebab saat ini masuk ke tahap tanggap darurat selama 14 hari. Namun, jika semua sudah dilakukan percepatan maka tidak perlu 14 hari sehingga bisa segera dilakukan rekonstruksi, terutama di daerah yang rusak berat signifikan.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: