Sukses

PWNU Jatim Bakal Pantau Hilal Awal Puasa di 22 Titik

Gus Shofi, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan tim yang memantau di kawasan Pantai Selatan juga berhasil melihat hilal.

Liputan6.com, Surabaya - Ketua Lembaga Falakiyah Pengurus Wilayah Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur (Jatim), Shofiyullah mengungkapkan, pihaknya nanti bakal pemantauan anak bulan atau hilal untuk menentukan awal Ramadan 1442 Hijriah di 22 titik lokasi.

Menurutnya, hilal diprediksi berpotensi besar akan terlihat oleh tim yang memantau di sepanjang kawasan Pantai Utara dan Madura, karena posisinya berada di sisi utara titik barat dengan posisi ketinggian hilal tujuh derajat di atas ufuk.

"Hilal berpotensi besar terlihat di Pantura atau di daerah-daerah utara. Karena posisi hilal berada di utara titik barat," ujarnya, Senin (12/4/2021).

Gus Shofi, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan tim yang memantau di kawasan Pantai Selatan juga berhasil melihat hilal. Alasannya itu tadi, posisi ketinggian hilal tujuh derajat di atas ufuk.

"Itu di atas kesepakatan organisasi Islam dunia yang menyepakati bahwa tinggi hilal di kawasan Asia minimal dua derajat di atas ufuk," ucapnya.

Berdasarkan data diperoleh dari Lembaga Falakiyah NU Jatim, titik pemantauan hilal di kawasan utara Jatim, di antaranya, di Balai Rukyat NU Condrodipo Kabupaten Gresik, bukit Wonocolo-Kedewan Bojonegoro, Pantai Taneros Ambunten, Sumenep, Madura, Bukit Gumuk Klasik Indah di Kabupaten Banyuwangi, dan lainnya.

Jika satu di antara 22 titik pantauan di Jatim berhasil melihat hilal, lanjut Gus Shofi, maka bisa dipastikan awal Ramadlan 1442 Hijriah jatuh pada Selasa, 13 April 2021.

"Namun apabila tidak satu pun tim rukyat di 22 titik melihat hilal, maka yang harus dilakukan adalah menunggu hasil pantauan hilal di kawasan barat Indonesia," ujarnya.

Jika semua pantauan hilal secara nasional tidak berhasil melihat hilal, lanjut Gus Shofi, maka bulan Sya'ban disempurnakan menjadi 30 hari dan awal Ramadlan jatuh pada Rabu, 14 April 2021.

"Semoga nanti hilal terlihat, agar puasanya bersama-sama, karena Muhammadiyah sudah menentukan awal puasa pada Selasa," ucapnya.

Tim pemantau hilal NU Jatim, lanjut Gus Shofi, berkolaborasi dan di bawah koordinasi Lembaga Falakiyah Pengurus Besar NU.

"Nanti ketika titik 22 di Jatim itu sudah habis, andaikan tidak ada yang melihat hilal, kita bisa menunggu daerah-daerah di barat yang belum terbenam mataharinya. Karena melihat hilal itu akan lebih bagus dan memang dipersyaratkan harus setelah terbenamnya matahari," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alat Canggih

Gus Shofi menuturkan, kegiatan rukyatul hilal di Jatim kali ini dipastikan lebih lancar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Di luar faktor alam, peralatan yang dipakai lebih memadai dan canggih.

Jika dulu peralatan yang bagus cuma dimiliki PWNU Jatim dan Gresik, lanjut Gus Shofi, kali ini banyak kabupaten maupun kota yang juga sudah memiliki peralatan rukyatul hilal yang canggih.

"Alhamdulillah, teman-teman semakin maju, dalam arti peralatan sudah punya, sekaligus peralatan yang dihubungkan dengan komputer sehingga nanti bisa diolah citra hilal itu. Bisa divisualkan," ucapnya.

"Kalau dulu mungkin masih ada peralatan milik PWNU dan Gresik, sekarang sudah banyak yang punya. Situbondo punya, Banyuwangi punya, Blitar punya, sudah banyak yang punya," ujar Gus Shofi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.