VIDEO: Kampanyekan Corona, Siswa SMP di Surabaya Membuat Sajadah Khusus

VIDEO: Kampanyekan Corona, Siswa SMP di Surabaya Membuat Sajadah Khusus

Untuk mencegah penularan Covid-19, para siswa SMP Muhammadiyah 5 Surabaya, menciptakan sajadah khusus yang dibuat dari plastik yang mudah dibersihkan. Sajadah plastik yang beraneka warna ini berukuran 60x120 centimeter, dan ditambahkan dengan motif lukis beragam corak agar lebih menarik.

Kelebihan sajadah plastik ini sebagai kampanye cegah Covid-19, karena bergambar masker yang tidak mudah pudar sebagai salah satu protokol kesehatan. Berikut kita simak liputannya pada Fokus, (12/4/2021).

Sajadah salah satu kelengkapan untuk beribadah salat pada umumnya terbuat dari karpet halus dan lembut. Sayangnya sajadah karpet susah dibersihkan bahkan harus dicuci.

Untuk mengatasi masalah tersebut, siswa SMP Muhammadiyah 5 Surabaya membuat sajadah dari bahan plastik, yang mudah dibersihkan dari virus atau bakteri dengan cara dilap atau disemprot menggunakan cairan pembersih. Sajadah plastik beraneka ragam berukuran 60x120 centimeter, ditambahkan motif lukis beragam corak agar lebih menarik.

Kelebihan sajadah plastik ini sebagai kampanye cegah Covid-19, karena digambar masker yang tidak mudah pudar sebagai salah satu protokol kesehatan.

"Ya ini yang pertama, biasanya kan sajadah karpet itu sebagai sarana untuk penularan covid, jadi untuk menghindari atau mengurangi masa pandemi seperti ini, jadi anak-anak ini mulai memproduksi juga dalam rangka romadhon, karena dengan bahan plastik ini lebih mudah disemprot, atau dilap dengan disinfektan, dan ini memang diajarkan di salah satu mata pelajaran prakarya jua," kata Wardatul Ummah, Guru Pembina Siswa.

Sajadah dari plastik ini rencananya akan dipasarkan oleh siswa dan guru melalui media sosial. Apalagi saat ini memasuki bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Sehingga karya siswa sebagai pembelajaran berwirausaha sejak dini.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 14 April 2021, 20:00 WIB

Video Terkait

Spotlights