Sukses

1.700 Lansia di Magetan Bakal Disuntik Vaksin Covid-19 Secara Bertahap

Liputan6.com, Surabaya - Program vaksinasi COVID-19 bagi warga lanjut usia atau lansia di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan setempat menyasar sebanyak 1.700 orang dan digelar secara bertahap.

"Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi lansia hari ini merupakan kelanjutan dari penyuntikan kepada lansia yang telah dilaksanakan sebelumnya," ujar Kepala Dinkes Kabupaten Magetan Hari Widodo dalam keterangannya di Magetan, Rabu, 14 April 2021.

Menurut Hari, sasaran sebanyak 1.700 orang lansia tersebut diprioritaskan berdasarkan jumlah kasus kematian akibat COVID-19 di daerah atau kecamatan yang tinggi. Setelah itu akan dilakukan menyeluruh secara bertahap, dilansir dari Antara.

Harapannya, dengan vaksinasi lansia tersebut dapat menekan kesakitan dan kematian akibat COVID-19 yang mayoritas disumbang dari kaum lansia.

"Proses vaksin ini merupakan peran serta Kabupaten Magetan dalam rangka ikut menyukseskan program vaksinasi guna mencegah penularan COVID-19," kata dia.

 

2 dari 3 halaman

Kasus Covid-19 di Magetan

Ia menambahkan, meski program vaksin telah bergulir, Pemkab Magetan meminta warga Kabupaten Magetan tetap menerakan protokol kesehatan dengan 5 M untuk mencegah penyebaran COVID-19 yang belum berakhir.

Dengan demikian, kasus penyebaran COVID-19 di Kabupaten Magetan yang masih terjadi, dapat dicegah dan jumlahnya dapat ditekan.

Sesuai data, di Kabupaten Magetan kasus COVID-19 hingga Rabu (14/4/2021) telah mencapai 3.165 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 2.790 orang di antaranya telah sembuh, 120 orang lainnya masih dalam pemantauan, dan 255 orang meninggal dunia.

Tambahan kasus per Rabu (14/4), konfirmasi baru sebanyak 11 orang, sembuh sembilan orang, dan meninggal dunia nihil.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini