Sukses

Bandara Juanda Hanya Layani Penerbangan Khusus Selama Larangan Mudik Berlangsung

Liputan6.com, Surabaya - Bandara Internasional Juanda Surabaya tetap beroperasi melayani penerbangan khusus pada saat larangan mudik diberlakukan pada mulai 6 Mei-17 2021 nanti.

Kebijakan tersebut sesuai SE Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah yang oleh Kementerian Perhubungan telah ditindaklanjuti dengan menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idulfitri 1442 H/Tahun 2021 dalam rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19. 

Menanggapi hal tersebut, General Manager Bandara Juanda Kicky Salvachdie menjelaskan bahwa pada prinsipnya pihaknya selaku pengelola bandara mendukung kebijakan pemerintah yang bertujuan sebagai upaya pengendalian penyebaran Covid-19. 

“Sesuai Peraturan Menteri Perhubungan, memang pelarangan berlaku bagi angkutan niaga dan bukan niaga. Namun, masih dimungkinkan ada penerbangan yang dikecualikan," jelas Kicky, Jumat (16/4/2021). 

2 dari 3 halaman

Penerbangan Khusus

Ia menambahkan, secara operasional Bandara Juanda Surabaya tetap akan melayani penerbangan yang termasuk dikecualikan sesuai Peraturan Menteri Perhubungan tersebut. Yakni penerbangan pimpinan lembaga tinggi dan tamu kenegaraan, penerbangan khusus repatriasi.

Selain iuga penerbangan yang berhubungan dengan operasional penegakan hukum, ketertiban, dan pelayanan darurat, angkutan kargo, serta operasional angkutan udara perintis operasional lainnya dengan seizin dari Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub. 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: