Sukses

Kapal Bintang Jaya Mandiri Terbakar di Laut Jawa, 16 ABK Selamat

Salah satu ABK kapal yang terbakar, Riswandi mengaku bahwa kebakaran kapalnya terjadi pada Kamis kamarin siang.

Liputan6.com, Surabaya - Kapal Ikan Bintang Jaya Mandiri terbakar di laut Jawa, Bangka Belitung pada Kamis 15 April kemarin. Beruntung 16 Anak Buah Kapal (ABK) berhasil selamat dengan menceburkan diri ke laut.

"Iya benar, saat ini seluruh ABK akan pemeriksaan kesehatan serta tes Covid-19. Setelah dinyatakan sehat maka seluruh awak kapal akan dipulangkan menuju tempat asalnya di Jawa Tengah dan Jawa Barat dengan menggunakan mobil," ujar Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, Jumat (16/4/2021).

Salah satu ABK kapal yang terbakar, Riswandi mengaku bahwa kebakaran kapalnya terjadi pada Kamis kamarin siang. Saat itu, lanjut Riswandi, percikan api langsung membesar dan membakar kapal.

"Alhamdulillah, seluruh awak kapal berhasil selamat dengan cara menceburkan diri ke laut. Kondisi kapal sudah hangus terbakar," ucapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kepulan Asap

Sedangkan Kapten Kapal MT Queen Majesty Muhammad Amin Rahman mengatakan, saat itu dirinya mengemudikan kapal tanker dari Malaysia menuju Tuban.

Di sekitar perairan laut Jawa, Bangka Belitung, lanjut Rahman, dari jarak 7 Mil, kru kapal sudah melihat ada kepulan asap dari Kapal Ikan Bintang Jaya Mandiri yang terbakar.

"Kami langsung menyiapkan tim rescue untuk menolong ABK kapal yang mengapung akibat kapalnya terbakar," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.