Sukses

16 ABK Bintang Jaya Mandiri yang Terbakar di Laut Jawa Dibawa ke Tuban

Kebakaran melanda sebuah kapal nelayan hingga karam di Laut Jawa, Bangka Belitung. Beruntung 16 orang yang berada di kapal tersebut selamat dan kini telah dievakuasi oleh petugas ke daratan Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Jumat

Liputan6.com, Tuban - Kebakaran melanda sebuah kapal nelayan di Laut Jawa, Bangka Belitung. Beruntungnya, sebanyak 16 orang yang berada di kapal motor Bintang Jaya Mandiri itu selamat dan dievakuasi ke daratan Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Jumat (16/4/2021).

Riswandi salah satu anak buah kapal (ABK) yang selamat dari tragedi maut itu mengaku, bahwa kapal yang ditumpanginya itu terbakarnya pada hari Kamis (15/4/2021) sekira pukul 12.20 WIB siang. Saat itu, teman-temannya sedang dalam kondisi tidur.

"ABK pada tidur semua, namanya kerja malam ya," ungkapnya saat ditemui awak media.

Pada saat kejadian, kata dia, mengetahui kapal dalam kondisi terbakar seluruh ABK seketika itu semua langsung panik. Tak pelak, melompat dan menceburkan diri ke laut akhirnya jadi pilihan.

Riswandi mengaku bersyukur bahwa dirinya dan semua teman-temannya selamat dari insiden maut itu.

"Melompat semua. Alhamdulillah selamat semua," katanya.

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Asal ABK

Lebih lanjut, 16 ABK yang berhasil selamat tersebut diketahui berasal dari Jawa Barat dan Jawa Tengah. Yang 12 orang berasal dari Indramayu, 1 orang berasal dari Subang, dan 3 orang berasal dari Brebes.

Dari video kebakaran kapal tersebut yang diterima Liputan6.com, terlihat api disertai asap hitam membumbung tinggi di tengah lautan. Kapal itu akhirnya pun karam di lautan setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.