Sukses

Subsidi Ongkir hingga Kerahkan Diaspora Jadikan Kuliner Indonesia Mendunia

Kemenparekraf akan menyiapkan segala value chain agar produk kuliner khas Minangkabau itu memiliki nilai tambah.

Liputan6.com, Surabaya - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno tengah menyiapkan program Indonesia Spice Up The World atau program memperkenalkan produk-produk kuliner Indonesia kepada dunia.

Ada beragam produk kuliner unggulan nusantara, salah satunya rendang, yang bakal dipromosikan Sandiaga ke seluruh dunia menggunakan konsep Indonesia Incorporated.

"Saya diperintahkan untuk menyiapkan Indonesia Spice Up The World dan salah satu produk yang akan kita dorong dalam konsep Indonesia Incoparted adalah rendang," kata Sandiaga dalam keterangan resminya, Minggu (25/4/2021).

Sandiaga mengatakan, penetapan rendang sebagai produk unggulan kuliner Indonesia yang akan dikenalkan ke seluruh dunia adalah langkah konkrit pemerintah dalam membangkitkan ekonomi kreatif paska pandemi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Insetif Diaspora

Upaya lainnya, lanjut Sandiaga, Kemenparekraf akan menyiapkan segala value chain agar produk kuliner khas Minangkabau itu memiliki nilai tambah. Di antaranya melibatkan diaspora Indonesia untuk mempromosikan rendang, hingga memberikan subsidi ongkos kirim bagi restoran-restoran Indonesia di luar negeri yang memasok rendang.

"Bukan hanya 480 ton rendang untuk kebutuhan haji, tapi nanti seluruh diaspora Indonesia akan diberikan insentif, seluruh restoran Indonesia di luar negeri akan diberikan paket pengiriman yang sudah disubsidi oleh pemerintah agar rendang-rendang produksi UMKM kita bisa mendunia," kata Sandiaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.