Sukses

6 Makanan Khas Madura Ini Bisa Jadi Pilihan Menu Buka Puasa, Menggugah Selera

Makanan khas Madura ini bisa kamu olah sendiri sebagai menu buka puasa.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia dikenal luas dengan beragam makanan khasnya yang selalu menggugah selera. Salah satu daerah yang memiliki makanan khas dan wajib dicoba ialah Madura.

Bahkan, saat memasuki bulan Ramadan, berbagai makanan khas Madura bisa menjadi menu pilihan yang wajib dicoba untuk buka puasa. Berbagai makanan khas Madura yang bisa dijadikan sebagai pilihan menu buka puasa ini pun bisa kamu kreasikan dengan membuat sendiri di rumah.

Pasalnya, saat ini dengan kemudahan taknologi kamu bisa dengan muda mencari resep makanan khas Madura untuk diolah sebagai menu buka puasa. Apalagi dengan masa pandemi saat ini, mengkreasikan menu makanan khas daerah bisa menjadi salah satu cara untuk menghabiskan waktu di rumah hingga menunggu waktu buka puasa tiba.

Penasaran makanan khas Madura apa saja yang bisa jadi pilihan menu buka puasa? Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa makanan khas Madura yang bisa jadi pilihan menu buka puasa di rumah bersama keluarga, Selasa (20/4/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kaldu Kokot

Kaldu kokot menjadi salah satu makanan khas Madura yang bisa dijadikan sebagai menu buka puasa. Kaldu kokot sendiri merupakan makanan berkuah dengan bahan dasar kaki sapi. Dalam kuah kaldunya terdapat campuran butiran kacang hijau yang membuat rasa semakin nikmat. Biasanya, makanan satu ini disajikan dengan irisan daun seledri serta bawang goreng.

3 dari 7 halaman

2. Nasi Serpang

Makanan khas Madura lainnya yang cocok untuk menu buka puasa ialah nasi serpang. Nasi serpang ini terdiri dari berbagai macam jenis lauk yang disajikan. Biasanya, lauk dari nasi serpang terdiri dari udang, kerang, serundeng daging, pepes tongkol, krecek, hingga telur asin lho. Namun, terkadang lauk-pauk dari nasi serpang juga disesuaikan dengan selera.

4 dari 7 halaman

3. Nasi Bebek

Makanan khas Madura yang tak boleh dilewatkan sebagai menu buka puasa ialah nasi bebek. Nasi bebek sendiri merupakan kuliner khas Madura yang cukup terkenal. Biasanya nasi bebek disajikan dengan sambal mangga muda serta terdapat tambahan ati ampela goreng.

5 dari 7 halaman

4. Tajin Sobih

Tajin Sobih menjadi makanan khas Madura yang cocok untuk dijadikan takjil saat berbuka puasa. Makanan ini sendiri memiliki tekstur yang mirip dengan bubur sumsum dengan gula merah cair diatasnya. Biasanya Tajin sobih akan disajikan menggunakan daun pisang.

6 dari 7 halaman

5. Sate Ayam

Sate Ayam khas Madura dengan bumbu kacang ini pun bisa kamu temukan di manapun. Bahkan, menu makana ini menjadi salah satu menu favorit masyarakat Indonesia. Kamu bisa memakan sate ayam khas Madura menggunakan lontong maupun nasi yang disesuaikan dengan selara.

7 dari 7 halaman

6. Soto Madura

Berbeda dari kebanyakan soto lainnya, soto madura menggunakan kuas kaldu kuning. Biasanya soto madura disajikan menggunakan potongan daging ayam kampung ataupun sapi. Soto Madura pun memiliki aroma yang cukup khas dengan taburan bawang goreng serta jeruk nipis yang mampu menggugah selera.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini