Sukses

Viral Video Pertambangan di Tuban Ambruk Kena Getaran Peledak Pabrik Semen

Camat Tambakboyo Hery Subagyo mengatakan, aktivitas [pertambangan](4536373 "") di daerahnya itu tanpa dilengkapi perizinan alias ilegal.

Liputan6.com, Tuban - Lahan bekas pertambangan batu kumbung berada di Desa Sawir, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban m ambruk. Video berdurasi 15 detik adanya kejadian itu viral melalui pesan berantai WhatsApp.

Camat Tambakboyo Hery Subagyo mengatakan, aktivitas pertambangan di daerahnya itu tanpa dilengkapi perizinan alias ilegal.

"Ambruk hari Selasa sore dan ada lagi Rabu pagi,” kata Hery kepada awak media ini, Kamis (22/4/2021).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, video kejadian ambruknya lahan tambang ini ramai diperbincangkan karena terekam amatir oleh kamera handphone warga setempat sendiri.

Dugaan sementara, penyebabnya karena imbas terkena getaran peledakan aktivitas penambangan batu kapur untuk kebutuhan bahan baku perusahaan semen.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suara Keras

Hal tersebut disampaikan Kades Sawir, Imam Syafi'i. Ia pun menilai selama ini suara yang ditimbulkan dari aktivitas peledakan penambangan perusahaan semen itu juga keras.

"Adanya getaran ledakan Holcim (Sekarang PT Solusi Bangun Indonesia), suaranya keras," ungkap Kades Sawir.

Beruntungnya dalam kejadian tersebut kondisinya sedang sepi. Sehingga warga pun tidak ada yang menjadi korban. Baik itu korban yang meninggal dunia maupun yang mengalami luka-luka akibat kejadian ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.