Sukses

Rumah Uji Nyali Tempat Isolasi Pemudik yang Nekat ke Kota Madiun

Rumah Tahanan Militer (RTM) Madiun disiapkan menjadi tempat isolasi mandiri bagi para pemudik.

Liputan6.com, Surabaya- Rumah Tahanan Militer (RTM) Madiun disiapkan menjadi tempat isolasi mandiri bagi para pemudik. Bangunan bekas penjara zaman kolonial di Madiun itu memang sudah dibersihkan, tetapi kesan angker tetap tidak bisa hilang.

Para pemudik yang datang ke Madiun harus menjalani isolasi mandiri selama lima hari terlebih dulu di RTM. Bangunan yang terletak di Jalan A Yani Kota Madiun itu sudah tidak terpakai sejak 1980 itu dan masuk daftar cagar budaya. Rencananya, tempat ini menjadi destinasi wisata sejarah di Kota Madiun. 

Ada sejumlah ruang tahanan di sana yang luasnya berbeda-beda. Wali Kota Madiun, Maidi, sudah menyiapkan dipan, karpet, lampu, dan air untuk kepentingan isolasi pemudik.

Penegasan larangan mudik ke Kota Madiun sudah tercantum dalam Instruksi Wali Kota Madiun Nomor 9 Tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM Berbasis Mikro untuk Pengendalian Covid-19 di Kota Madiun.

Masyarakat yang melakukan perjalanan lintas provinsi/kabupaten/kota tanpa memiliki dokumen administrasi perjalanan tertentu, maka Pemkot Madiun telah menyiapkan tempat karantina selama 5x24 jam dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat.

"Kalau nanti sampai ada orang dari luar masuk berbondong-bondong ke Kota Madiun, sementara ada aturan pemerintah yang tidak memperbolehkan mudik, ya tetap kami larang," ujar Maidi, seperti yang dikutip dari Timesindonesia.co.id, Minggu (25/4/2021).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.