Sukses

Pemkab Lumajang Kebut Rekonstruksi Gempa Bumi

Pemkab Lumajang mempercepat proses rekonstruksi korban gempa bumi.

Liputan6.com, Surabaya- Pemkab Lumajang mempercepat proses rekonstruksi korban gempa bumi. Bantuan dan dukungan pemerintah pusat, TNI, Polri, dan relawan berdatangan ke Lumajang.

Berdasarkan data Pemkab Lumajang per 23 April 2021, terdapat lebih dari 600 rumah rusak berat dan 2.500 rumah rusak sedang dan ringan akibat gempa bumi 10 April 2021.

“Pemerintah pusat akan memberikan bantuan dana perbaikan rumah sesuai dengan tingkat kerusakan rumah kepada warga yang terdampak gempa,” ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq, seperti yang dikutip dari Antara, Minggu (25/4/2021).

Bantuan perbaikan rumah dari pemerintah sebesar Rp 50 juta untuk rumah yang rusak berat, Rp 25 juta untuk rumah yang rusak sedang, dan Rp 10 juta untuk rumah yang mengalami kerusakan ringan.

Sambil melakukan pendataan dan menunggu realisasi bantuan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah akan membangun hunian sementara bagi warga yang rumahnya rusak berat akibat gempa.

Bupati Lumajang berjanji akan segera merealisasikan dan memprioritaskan perbaikan rumah akibat gempa bumi secepatnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.