Sukses

Refocusing Anggaran, Eri Cahyadi Minta Penempatan Satgas Kebersihan Dievaluasi

Eri Cahyadi juga ingin evaluasi terkait seberapa kemampuan satu orang satgas membersihkan kawasan

Liputan6.com, Surabaya - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meminta Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau mengevaluasi penempatan satgas kebersihan di setiap kawasan, menyusul adanya refocusing anggaran dampak pandemi COVID-19.  

"Pak wali kota beberapa kali juga memberikan arahan agar satgas kebersihan itu harus mengerti, tugasnya apa, mulai kerja dan selesainya jam berapa hingga wilayah-wilayah yang harus dibersihkan itu dimana saja?" kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Surabaya Anna Fajriatin, Rabu (28/4/2021) seperti dilansir Antara. 

Selain itu,Eri Cahyadi juga ingin evaluasi terkait seberapa kemampuan satu orang satgas membersihkan kawasan di Surabaya. Ini diharapkan agar ke depan jumlah satgas yang ditempatkan di setiap kawasan itu dapat menjangkau.

Sebetulnya, lanjut dia, ada beberapa kawasan yang sebelumnya DKRTH menggandeng kerja sama dengan pihak ketiga untuk pembersihan. Namun, karena adanya refocusing anggaran dampak dari pandemi COVID-19, sehingga tahun ini kerja sama itu tidak dilakukan. 

Eri Cahyadi memberikan solusi agar satu orang satgas tanggung jawab wilayahnya bisa dibuat per kilometer. Selanjutnya, untuk kilometer berikutnya bisa dibebankan atau menjadi tanggungjawab satgas yang lain. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ikut Bersih-Bersih

"Jadi pak wali kota ingin agar jalur protokol itu tidak kotor, bersih dari sampah-sampah daun ataupun ranting pohon," ujarnya. 

Bersih-bersih di Jalan Ahmad Yani tersebut ternyata juga diikuti Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Bahkan, wali kota tak segan terjun langsung membantu satgas menyapu daun-daun kering di kawasan itu. 

Setelah melakukan bersih-bersih di median Jalan Ahmad Yani Surabaya, Eri Cahyadi kemudian memantau kebersihan ke beberapa jalan protokol lain seperti ke Jalan Sukomanunggal hingga kawasan Banyuurip. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.