Sukses

Jurus TPID Kendalikan Inflasi di Jatim

Difi mengatakan, untuk mengendalikan inflasi nasional memang harus dilakukan dengan sinergi antardaerah.

Liputan6.com, Surabaya - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur Difi Ahmad Johansyah mengatakan, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Jatim saat ini memperluas perannya mengendalikan inflasi nasional dengan menggalakkan kerja sama antardaerah, seperti halnya dengan Maluku Utara dan Kota Tarakan.

"Pada Selasa (27/4/2021), TPID Jatim melepas kontainer berisi 15,5 ton ayam karkas ke Provinsi Maluku Utara sebagai wujud terjalinnya kerja sama perdagangan dengan Maluku Utara," kata Difi, Rabu (28/4/2021).

Difi mengatakan, untuk mengendalikan inflasi nasional memang harus dilakukan dengan sinergi antardaerah, sebab Jatim juga dikenal sebagai daerah produsen, termasuk komoditas daging ayam.

"Kerja sama antardaerah ini juga adalah upaya Jatim membantu provinsi lain mengendalikan inflasi," tuturnya.

Terkait dengan adanya sejumlah komoditas di Jatim seperti daging ayam atau telur ayam yang merangkak naik, Difi mengaku bahwa hal itu tidak menjadi komoditas dengan tingkat kewaspadaan akan peningkatan yang cukup tinggi.

"Tidak ada komoditas yang perlu diwaspadai dengan tingkat sangat tinggi di Jatim. Daging ayam sedikit. Telur ada sedikit. Beras malah sangat stabil, karena kita (Jatim) sedang panen raya," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Segera Recovery

Soal minimnya permintaan, bahkan momentum Idulftri 2021 yang biasanya meningkat, menurut Difi, tidak terlalu berpengaruh pada peningkatan demand.

Meski demikian, Difi memperkirakan perekonomian di Jatim bisa full recovery pada triwulan III/2021, dan saat ini belum akan benar-benar pulih.

Oleh karena itu, Difi mendorong terus melakukan kerja sama perdagangan, karena diharapkan dengan sinergi yang baik, Jatim tidak hanya mampu mengendalikan inflasi di wilayahnya, namun membantu pengendalian inflasi di provinsi lain dan tentunya berkontribusi terhadap terjaganya realisasi inflasi nasional. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.