Sukses

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Melalui Anugerah Desa Wisata

Desa wisata diharapkan mampu menjadi salah satu penopang kebangkitan ekonomi nasional paska pandemi.

Liputan6.com, Surabaya - Desa wisata menjadi salah satu program unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk memulihkan pariwisata di tengah pandemi COVID-19. Desa wisata juga diharapkan mampu menjadi salah satu penopang kebangkitan ekonomi nasional paska pandemi.

''Yang mampu mendorong pembangunan daerah, kesejahteraan masyarakat, serta sebagai ajang promosi potensi desa wisata kepada wisatawan domestik maupun mancanegara,'' kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat meluncurkan Anugerah Desa Wisata 2021, Jumat (30/4/2021).

Anugerah desa wisata Indonesia bertajuk 'Indonesia Bangkit' ini merupakan penganugerahan desa wisata terbesar di Indonesia. Dalam proses pengembangan desa wisata ini, Sandiaga menargetkan terbentuknya lebih dari 500 desa wisata dari 75.000 desa di seluruh Indonesia.

''Tema ini diharapkan dapat mendorong semua pelaku wisata dan industri kreatif untuk dapat menjadikan desa wisata mampu berkembang dalam menopang perekonomian bangsa Indonesia menjadi kuat, dan bangkit kembali dari dampak COVID-19 yang dirasakan secara dampak ekonominya, maupun dampak sosial, dan kesejahteraan masyarakat desa,'' ujar Sandiaga.

Pria yang akrab disapa Mas Menteri ini menambahkan, Anugerah Desa Wisata 2021 ini diperuntukkan bagi semua masyarakat desa dan pelaku ekonomi kreatif yang berkembang dalam pengembangan desa wisata.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaringan Desa Wisata

Bagi masyarakat atau pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang ingin tergabung ke dalam jaringan desa wisata resmi di Indonesia, dapat mendaftarkan diri melalui situs resmi Jaringan Desa Wisata Jadesta.com. Peserta dapat melakukan pendaftaran mulai 7 Mei hingga 26 Juni 2021.

"Seluruh desa wisata yang terdaftar dalam Anugerah Desa Wisata 2021 nantinya akan masuk ke dalam Jaringan Desa Wisata Indonesia atau Jadesta. Desa-desa tersebut juga akan dipromosikan kepada wisatawan domestik maupun mancanegara," kata Sandiaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.