Sukses

VIDEO: Nekat, Pengemudi Minibus Membawa Uang Rp 2,1 M Seorang Diri

Liputan6.com, Jakarta Seorang pengemudi, Edi (35) yang terjaring razia penyekatan mendapati membawa uang miliaran rupiah yang diletakkan di belakang mobil dengan nekat tanpa pengawalan polisi ataupun TNI. Uang yang nantinya akan diantar dari Bandung menuju Pati dan Magetan merupakan milik jasa penukaran. Setelah diperiksa dan dokumen terpenuhi, Edi dipersilakan melanjutkan perjalanan dengan kawalan polisi.

Inilah video amatir, saat petugas menemukan tumpukan uang senilai Rp 2,1 miliar di dalam sebuah mobil minibus, saat melakukan penyekatan dan pemeriksaan pemudik di pintu keluar tol Ngawi, Jumat siang.

Sejumlah anggota polisi dan TNI yang melakukan penyekatan sempat terkejut, sebab tumpukan uang dalam pecahan mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 100 ribu ini hanya ditutup terpal, apalagi pengemudi mobil Edi Sukamto, warga Jalan Trunojoyo, Kota Batu, Malang, mengemudi sendirian tanpa pengawalan.

Kepada polisi, pengemudi mengaku hanya disuruh mengambil uang dari Bandung. Karena tanpa dilengkapi dokumen, mobil berikut uang dibawa ke Mapolres Ngawi untuk diperiksa. Berikut seperti diberitakan pada Liputan6, (1/5/2021).

“Siang dilakukan penyekatan di exit tol Ngawi, kemudian kita berhasil mengamankan sebuah kendaraan Grandmax, warna putih, di dalam kendaraan setelah kita cegat, kita laksanakan penyekatan, pemeriksaan identitas, ternyata di bagian belakang kendaraan membawa uang sejumlah Rp 2,1 m, sehingga kita memeriksa dokumen, kemudian kita lakukan pemeriksaan di Polres Ngawi,” terang AKBP I Wayan Winaya, Kapolres Ngawi.

Setelah diperiksa, diketahui uang tersebut milik sebuah jasa penukaran uang di Maospati, Magetan. Setelah dokumen terpenuhi, mobil yang membawa uang diperbolehkan melanjutkan perjalanan, dengan pengawalan dua anggota Polres Ngawi.