Sukses

VIDEO: SD dan SMP Negeri Mejayan Madiun Uji Coba Belajar Tatap Muka

Liputan6.com, Jakarta Di Madiun, Jawa Timur, dua sekolah menjalani uji coba pembelajaran tatap muka, yakni SD Negeri 1 Mejayan, dan SMP Negeri 1 Mejayan, pada Senin (03/5). Tiap kelas hanya boleh diisi dengan kapasitas 50 persen, dan dari dua sekolah tersebut sudah siap dengan fasilitas cegah Covid-19. Uji coba ini disambut antusias oleh para murid, dan akan berlangsung selama 3 hari. 

Terdapat dua sekolah di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, hari Senin kemarin, melakukan uji coba pembelajaran tatap muka atau PTM. Dua sekolah tersebut adalah SD Negeri 1 Mejayan, dan SMP Negeri 1 Mejayan.

Ditunjuknya dua sekolah ini untuk menggelar PTM, karena dianggap sudah memiliki semua fasilitas pencegahan Covid-19. Sementara teknisnya, satu kelas akan diisi 50 persen dari kapasitas. Meski demikian, siswa maupun guru tetap harus mematuhi protokol kesehatan. Para siswa mengaku gembira, karena selama ini mereka hanya belajar di rumah dan tidak bisa berinteraksi.

“Perasaannya bosen di rumah, karena jarang melakukan hal-hal aktivitas, apalagi menjadi malas untuk belajar, dengan tatap muka, seneng, karena bisa berinteraksi sama temen-temen, berinteraksi sama guru, jadi kalau materinya lebih masuk,” ungkap Farissa Najmi Nawwari, Siswi SMP Negeri 1 Mejayan.

Nantinya hasil evaluasi PTM ini akan dijadikan rujukan dan percontohan bagi sekolah lainnya. Untuk bisa menggelar PTM usai lebaran mendatang.

“Dalam pelaksanaan berikutnya yang memang nanti juga akan kita pantau dan kemudian kita evaluasi, ini menjadi satu langkah atau pedoman awal yang bisa digunakan oleh satuan pendidikan lain, didalam melaksanakan kegiatan pembelajaran tatap muka,” terang Siti Zubaidah, Kepala Dinas Pendidikan Madiun.

Uji coba PTM rencananya akan digelar hingga 3 hari mendatang. Demikian seperti diberitakan pada Liputan6, (4/5/2021).