Sukses

Sandiaga Dukung Promosi Batik Tulis Pamekasan di Ajang Miss Universe 2021

Rencananya, Puteri Indonesia RR Ayu Maulida Putri akan memberikan selendang batik tulis Pamekasan, Madura, kepada seluruh peserta Miss Universe 2021 di Amerika Serikat.

Liputan6.com, Surabaya - Salah satu produk ekonomi kreatif Tanah Air bakal mewarnai ajang pemilihan putri sejagat atau Miss Universe 2021. Rencananya, Puteri Indonesia RR Ayu Maulida Putri akan memberikan selendang batik tulis Pamekasan, Madura, kepada seluruh peserta Miss Universe 2021 di Amerika Serikat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengaku bangga dan mendukung langkah promosi produk kreatif nasional ke kancah dunia melalui ajang Miss Universe 2021 yang akan berlangsung pada 6 Mei hingga puncak grand finalnya pada 16 Mei 2021.

"Bangga! Produk ekonomi kreatif Pamekasan mewarnai ajang Miss Universe 2021," kata Sandiaga, Selasa (4/5/2021).

Sandiaga mengatakan, batik tulis Pamekasan merupakan batik tulis di Madura dengan motif serta warna yang sangat unik dan melegenda. Desa Klampar di kecamatan Proppo sebagai penghasil batik tulis sudah menjadi sentra perkampungan batik sejak dulu. Produk ekonomi kreatif ini juga disebut Sandiaga telah memiliki nilai tambah yang tinggi.

"Saya pernah beli batik Pamekasan. Batiknya itu menurut saya kualitasnya sudah sangat berstandar internasional dan harganya itu tidak murah dan udah memiliki nilai tambah yang sangat tinggi," kata Sandiaga.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fokus Penambahan Nilai

Oleh karena itu, pria yang akrab disapa Mas Menteri ini mendorong agar pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif yang berfokus pada konsep penambahan nilai dari batik tulis Pamekasan.

"Saya rasa kalau kita membuat satu pola perjalanan alangkah baiknya juga minat khusus tersebut dituangkan dalam konsep penambahan nilai dari batik Pamekasan. Mudah-mudahan hal ini juga mendorong peran para pengrajin ekonomi kreatif ini supaya memberdayakan ekonomi rakyat," kata Sandiaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.