Sukses

Kesiapan Listrik Jawa Bali Jelang Lebaran 2021

Menteri ESDM menyatakan, dalam era digitalisasi yang sudah ada di depan mata, seluruh karyawan PLN dan PJB harus tanggap terhadap perubahan.

Liputan6.com, Surabaya - Menteri ESDM Arifin Tasrif didampingi Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengunjungi PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) untuk mengecek kesiapan sistem kelistrikan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Pemantauan dilakukan langsung melalui I-CORE (Intelligent Centre of Optimization for Reliabilty and Efficiency) PT PJB, yang merupakan produk inovasi dalam teknologi pengelolaan pembangkit berbasis digital 4.0.

"Digitalisasi Pembangkit PJB sudah dijalankan dengan baik, mulai dari pengawasan dan perbaikan," ujarnya, ditulis Jumat (7/5/2021).

Menteri ESDM menyatakan, dalam era digitalisasi yang sudah ada di depan mata, seluruh karyawan PLN dan PJB harus tanggap terhadap perubahan. Dia juga mengapresiasi kinerja PJB dalam menerapkan digitalisasi pembangkit ini.

"Semua karyawan PJB dan PLN harus dapat menghadapi perkembangan teknologi sehingga semakin mengoptimalkan performa pembangkit dan memberikan manfaat dalam menghadirkan listrik berkualitas kepada masyarakat luas," ucapnya.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini juga menyampaikan apresiasi atas pencapaian PJB dalam implementasi digitalisasi pada pembangkit.

“PJB menjalankan pilar transformasi dari PLN yaitu "Lean" dengan baik. salah satunya melalui digitalisasi pembangkit dan saya menyambut baik upaya-upaya yang dilakukan," ujar Zulkifli.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peran Penting

Sekedar diketahui, melalui ICORE dapat dilakukan proses pemantauan operasional, menganalisis, dan mendiagnosis kondisi pembangkit secara digital dan real time, melalui pengoptimalan sensor yang ada di mesin pembangkit-pembangkit di unit.

I-CORE dapat menghasilkan rekomendasi pemeliharaan atau perbaikan yang diperlukan, maupun untuk menggerakan peralatan secara otomatis sehingga tercapai keandalan dan efisiensi yang optimal.

Saat ini, ICORE sudah diimplementasikan pada 14 Unit Pembangkit PT PJB tersebar dan selanjutnya secara bertahap ICORE akan diterapkan di seluruh Unit Pembangkit karena ICORE memiliki peran penting dalam menjaga pembangkit-pembangkit PJB dapat beroperasi dengan baik dan menghadirkan listrik yang berkualitas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.