Sukses

Aduh, Banyak Toko Emas di Probollinggo Abaikan Protokol Kesehatan

Ada petugas membawa thermo gun untuk mengecek suhu pengunjung tapi justru berdiam di dalam toko dan bukan di depan pintu masuk.

Liputan6.com, Surabaya - Petugas gabungan dari Pemerintah Kota Probolinggo bersama TNI dan Polri menemukan banyak toko yang dipadati pengunjung dan tidak taat menerapkan protokol kesehatan.

Pengecekan yang dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Probolinggo Setiorini Sayekti pada Jumat, diikuti Kepala DKUPP Fitriawati, Kepala Dinkes dan P2KB dr NH Hidayati, Kasat Binmas Polresta Probolinggo AKP Retno Utami dan perwakilan Kodim 0820 serta perangkat daerah terkait.

"Kebanyakan toko emas tidak patuh protokol kesehatan. Misalnya, tidak ada tempat cuci tangan, thermo gun dan hand sanitizer, dan tidak jaga jarak," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Probolinggo Setiorini Sayekti, dilansir dari Antara.

Menurutnya, ada petugas membawa thermo gun untuk mengecek suhu pengunjung tapi justru berdiam di dalam toko dan bukan di depan pintu masuk, serta temuan lainnya toko emas hanya meletakan tempat air cuci tangan tapi tidak ada airnya.

"Yang paling parah, ada dua toko emas tidak menyediakan tempat cuci tangan dan perlengkapan lainnya padahal pengunjungnya begitu ramai, sehingga kami mengingatkan agar mematuhi protokol kesehatan," tuturnya.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sarana Protokol Kesehatan

Pertokoan besar di kawasan Jalan Dr. Sutomo terlihat antrean warga di kasir yang tidak menjaga jarak, sehingga seharusnya ada petugas yang mengingatkan agar menjaga jarak, hindari kerumunan, memakai masker dan mencuci tangan.

Ia menjelaskan Pemkot Probolinggo sudah mengimbau pelaku usaha untuk menyediakan sarana protokol kesehatan dan membatasi jumlah pengunjung hingga jaga jarak.

"Pemerintah sudah mengedukasi masyarakat untuk taat protokol kesehatan. Sekarang masa pemulihan ekonomi, kunci keberhasilan adalah ketaatan terhadap protokol kesehatan dari pelaku usaha dan masyarakat," katanya.

Sementara itu sebanyak sembilan warga harus menjalani tes cepat antigen yakni pengunjung toko, penjaga optik dan warga yang melintas karena tidak menggunakan masker dengan dalih ada yang lupa atau baru saja melepas masker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.