Sukses

Panduan Merayakan Hari Raya Idul Fitri Saat Pandemi Covid-19 di Kota Kediri

Liputan6.com, Surabaya- Pemkot Kediri mengimbau masyarakat melaksanakan salat Idul Fitri 2021 di rumah karena pandemi Covid-19. Sebab, saat ini masih ada penambahan kasus Covid-19 di Kediri.

Selain dianjurkan salat Idul Fitri di rumah, pelaksanaan takbir keliling di Kota Kediri juga ditiadakan. Untuk takbir bisa dilakukan di masjid dan musala secara terbatas maksimal 10 persen dari kapasitas dengan protokol kesehatan ketat.

Selain itu, kegiatan takbir juga bisa dilakukan secara virtual. Untuk open house maupun halal bihalal di lingkungan kantor maupun komunitas juga tidak diberikan izin. Sedangkan silaturahmi dalam rangka Idul Fitri hanya dilakukan bersama keluarga terdekat.

Menurut Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar situasi Covid-19 di wilayahnya sekarang mirip dengan awal Covid-19. Jumlah kasus bertambah satu sampai tiga per hari dan terjadi lonjakan setelah libur.

“Contoh setelah ada hari libur panjang tahun lalu penambahannya jadi 13, 15, 18 kasus yang tercatat," ujarnya di Kediri, seperti yang dikutip dari Antara, Minggu (9/5/2021).

Ia mengungkapkan, ketimbang tahun lalu, penyebaran Covid-19 kini lebih meluas. Pemkot Kediri mengantisipasi supaya tidak terjadi lonjakan kasus agar perekonomian tetap berjalan.

Pemkot Kediri juga memperhatikan kepulangan pekerja migran Indonesia (PMI) dengan membuat tempat karantina. Setiap kelurahan di Kota Kediri memiliki tempat karantina.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.