Sukses

VIDEO: Antusiasme Warga Malang dan Gresik Donor Darah

Liputan6.com, Jakarta Nampak terlihat antusiasme warga di Malang dan Gresik, Jawa Timur, yang ingin melakukan donor darah di bulan puasa. Para warga membantu Palang Merah Indonesia (PMI) untuk stok darah, agar tidak menipis di masa pandemi Covid-19. Untuk saat ini, stok darah di PMI Malang semakin menurun dan kegiatan ini berlangsung selama 3 hari. Selain itu, bagi warga yang sudah mendonorkan darahnya mendapatkan bantuan paket sembako.

Beginilah antusiasme warga Kota Malang, Jawa Timur, untuk mendonorkan darahnya di tengah pandemi Covid-19. Mereka membantu Palang Merah Indonesia, untuk menyediakan stok darah agar tidak semakin menipis di bulan Ramadan ini. Saat ini stok darah di PMI Kota Malang terus menurun. Kondisi ini membuat PMI Kota Malang tidak bisa memenuhi kebutuhan permintaan darah secara keseluruhan.

“Stok kami selama bulan puasa ini memang lebih rendah, kita hanya bisa mencukupi antara 80 – 75 persen dari kebutuhan, tapi bervariasi, rata-rata 70, 80 persen dari kebutuhan,” terang Enny Sekar Rengganingati, Kepala UPTD PMI Kota Malang.

Dalam pelaksanaan donor darah yang berlangsung selama 3 hari, PMI Kota Malang menargetkan bisa memperoleh 900 kantong darah. Antusiasme warga mengikuti donor darah juga terlihat di Kabupaten Gresik. Salah seorang pendonor mengaku senang bisa mendonorkan darahnya dan membantu sesama yang membutuhkan darah di tengah bulan puasa seperti saat ini. Demikian seperti diberitakan pada Liputan6, (9/5/2021).

“Pertama buat kesehatan, yang kedua saya pingin bantu pasien-pasien yang kekurangan darah juga, masa pandemi ini kan juga sulit temen-temen buat nyari darah jadi saya sedikit membantu mendonorkan darah,” ungkap Friska, Pendonor Darah.

“Kegiatan ini memang sangat kita perlukan, karena kondisi saat ini biasanya di ramadan, maupun lebaran Idul Fitri itu stok darah di PMI itu kritis,” jelas M. Najib, Ketua PMI Kabupaten Gresik.

PMI Kabupaten Gresik optimistis, stok darah untuk bulan puasa tahun ini tetap tersedia, terlebih dengan adanya bantuan dari pemirsa SCTV-Indosiar yang menyelenggarakan donor darah. Selain donor darah, panitia juga membagikan paket sembako, sekaligus menyediakan makanan dan minuman untuk berbuka puasa kepada para pendonor.