Sukses

3 Jurus Bangkitkan Wisata Paska Libur Lebaran

Pertama, peningkatan sumber daya manusia di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif nasional berkaitan dengan perubahan tren wisata terkini.

Liputan6.com, Surabaya - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, pihaknya akan fokus pada tiga hal untuk membangkitkan sektor parekraf usai libur lebaran. Pertama, peningkatan sumber daya manusia di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif nasional berkaitan dengan perubahan tren wisata terkini.

"Satu, peningkatan skill. Upsklilling dan reskilling dari pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif berkaitan dengan realita baru sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Sandiaga dalam keterangan resminya, Jumat (14/5/2021).

Fokus kedua Kemenparekraf pasca lebaran masih soal bagaimana memulihkan sektor ekonomi dan pariwisata sesuai dengan tren yang terbaru.

"Kedua adalah memastikan kepulihan ekonomi, memastikan bagaimana bangkitnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan pendekatan-pendekatan tren terbaru pariwisata, yakni wisatawan nusantara, wisatawan berkualitas berkelanjutan lingkungan dan sebagainya," imbuh Sandiaga.

Terakhir, pria yang akrab disapa Mas Menteri ini ingin program-program unggulan Kemenparekraf bisa tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dana Hibah

Program yang dimaksud Sandiaga di antaranya, dana hibah pariwisata, program PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) untuk berbagai sektor, program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia, fokus pada wisatawan nusantara dan gerakan-gerakan lain yang akan disandingkan dalam konsep publik privat partnership.

"Jadi kita akan betul-betul fokus pada stimulus untuk menggerakkan ekonomi membangkitkan memulihkan UMKM. Dan yang terpenting bagaimana meningkatkan permintaan terhadap produk-produk lokal sehingga bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya," kata Sandiaga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.