Sukses

Lansia di Banyuwangi Cukup Tunjukkan KTP untuk Vaksinasi di Puskesmas

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani meminta 45 Puskesmas untuk mempercepat proses vaksinasi Covid-19 bagi kelompok lanjut usia (lansia). Dia juga meminta semua proses dipermudah.

Liputan6.com, Surabaya - Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani meminta 45 Puskesmas untuk mempercepat proses vaksinasi Covid-19 bagi kelompok lanjut usia (lansia). Dia juga meminta semua proses dipermudah.

Banyuwangi telah menerima tambahan 254.000 lebih dosis vaksin. Dari jumlah tersebut, Ipuk menyatakan akan diprioritaskan 150.000 vaksin diperuntukkan bagi warga senior atau lanjut usia.

”Saya minta semua disimpelkan. Seluruh puskesmas siap vaksinasi bagi lansia. Lansia bisa langsung vaksin di situ. Jadi enggak perlu daftar, cukup bawa KTP, usianya 60 tahun ke atas, bisa langsung vaksin di puskesmas terdekat," ucap Ipuk, Selasa (18/5/2021).

Ipuk meminta semua Puskesmas di Banyuwangi untuk aktif jemput bola di rumah-rumah warga lansia.

”Saya sudah dapat laporannnya, satu sampai dua hari terakhir ini cukup banyak yang jemput bola di rumah lansia. Terutama warga lansia yang tidak bisa ke Puskesmas," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Halal dan Aman

Meskipun dilaksanakan di rumah, lanjut Ipuk, prosedur vaksinasi tetap ditegakkan seperti pemeriksaan awal dan mengecek kejadian ikutan pasca vaksinasi.

“Vaksinasi juga telah dilaksanakan di sejumlah balai desa agar semakin dekat dengan warga,” ucapnya.

Ipuk berharap agar target 150 ribu vaksinasi lansia bisa dipenuhi Banyuwangi.

“Insya Allah enggak perlu khawatir, tolong bantu sampaikan ke orang tua, kakek, nenek, tetangga dan semuanya yang tergolong lansia, jangan ragu ikut vaksinasi, ini halal dan aman,” ujar Ipuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.