Sukses

8 Tempat Wisata di Sekitar Kawah Ijen yang Indah dan Menarik untuk Dikunjungi

Tempat wisata di sekitar Kawah Ijen didominasi oleh air terjun yang indah.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di sekitar Kawah Ijen bisa menjadi pilihan liburan seru saat ke Banyuwangi. Jika kamu berencana untuk mendaki Gunung Ijen, kamu bisa mampir dulu untuk bersantai di destinasi sekitar menikmati udara yang segar.

Apalagi jika kamu sudah menempuh perjalanan yang jauh ke Banyuwangi hanya untuk mengunjungi Kawah Ijen, tentu kamu ingin yang lebih. Menyambangi tempat wisata di sekitar Kawah Ijen adalah pilihan tepat, karena alamnya yang begitu menyegarkan.

Tempat wisata di sekitar Kawah Ijen didominasi oleh air terjun yang indah. Selain itu, ada pula beberapa kawah yang tak kalah indah bisa kamu kunjungi. Kawah dan air terjun ini bisa menjadi alternatif selain menuju ke Kawah Ijen.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (20/5/2021) tentang tempat wisata di sekitar Kawah Ijen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Sekitar Kawah Ijen

Air Terjun Kampung Anyar

Salah satu tempat wisata di sekitar kawah ijen adalah Air Terjun Kampung Anyar. Lokasinya berada di Dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kec Glagah. Air Terjun Kampung Anyar merupakan nama untuk tiga air terjun yang terdapat di kampung ini.

Ketiga air terjun tersebut di antaranya adalah Air Terjun Jagir, Air Terjun Sumber Pawon, dan Air Terjun Bidadari. Ketiganya memiliki keindahan tersendiri dan menawarkan kesegaran alam yang menenangkan.

Air Terjun Kalibendo

Masih berada di Dusun Kampung Anyar, air terjun yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Air Terjun Kalibendo. Tak kalah indah dengan air terjun di Kampung Anyar lainnya, Kalibendo juga menawarkan pemandangan alam yang manakjubkan. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan kesegaran udara yang masih asri di tempat wisata di sekitar Kawah Ijen ini. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 10 meter.

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Sekitar Kawah Ijen

Air Terjun Blawan

Tempat wisata di sekitar Kawah Ijen selenjutnya adalah Air Terjun Blawan. Lokasinya berada di area pemandian air panas, tepatnya di desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Bondowoso. Air dari air terjun ini bersumber dari Kawah Ijen yang mengandung kadar belerang tinggi. Kamu bisa mengunjungi lokasi Air Terjun Blawan ini tidak jauh dari Kawah Ijen.

Air Terjun Kali Pait

Lebih dekat lagi dengan Kawah Ijen, kamu bisa menemui Air Terjun Kali Pait yang tak kalah indah. Air terjun Kali Pait berbeda dengan air terjun pada umumnya. Hal ini disebabkan karena air yang mengalir di sini bersumber dari Air Terjun Blawan yang mengandung belerang. Selain itu, di Air terjun Kali Pait terdapat banyak bebatuan yang menghiasi, menambah keindahan tempat wisata di sekitar Kawah Ijen ini.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Sekitar Kawah Ijen

Kawah Wurung

Selain air terjun, kamu juga bisa menemukan kawah sebagai tempat wisata di sekitar Kawah ijen. Salah satu kawah yang menarik untuk dikunjungi adalah Kawah Wurung. Kawah ini menawarkan pemandangan layaknya bukit teletubbies yang hijau.

Lokasinya pun tidak terlalu jauh dari Kawah Ijen, yaiu hanya berjarak 4 km saja. Kamu bisa menaiki bukit cinta di sini agar bisa melihat keindahan Kawah Wurung. Saat musim hujan, kamu akan disuguhkan pemandangan rumput yang hijau.

Kawah Bulan Sabit

Tidak terlalu jauh dari Kawah Ijen, kamu juga bisa menemukan Kawah Bulan Sabit yang juga menyimpan keindahan tersendiri. Kawah Bulan Sabit merupakan kawah yang di tengah-tengahnya terdapat sebuah gundukan yang berbentuk seperti bulan sabit. Keindahan kawah yang berada di ketinggian 2.800 mdpl ini menawarkan pemandangan sisi lain kawah ijen, gagahnya gunung raung dan kota Banyuwangi dari ketinggian.

 

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Sekitar Kawah Ijen

Desa Taman Sari

Tempat wisata di sekitar Kawah Ijen berikutnya adalah Desa Taman Sari. Desa ini berada di kawasan Gunung Ijen, Kecamatan Licin, Banyuwangi, Jawa Timur.

Desa Taman Sari ditempati oleh suku asli Kabupaten Banyuwangi, yaitu Suku Osing. Di sini kamu bisa melihat keunikan budaya masyarakat Osing.

Pemandian Air Panas

Salah satu tempat wisata di sekitar Kawah Ijen yang tidak boleh dilewatkan adalah pemandian air panas. Di Sekitar Ijen memang terdapat pemandian air panas yang dapat mengembalikan stamina yang telah terkuras setelah digunakan untuk mendaki. Air panas disini mengandung belerang yang berkhasiat untuk kesehatan kulit dan menghilangkan pegal-pegal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini