Sukses

Duka Kota Madiun, 175 Orang Meninggal Akibat Covid-19

Menurut dia, kasus kematian pasien COVID-19 di Kota Madiun masih saja terus bertambah. Salah satu penyebabnya kebanyakan karena pasien memiliki penyakit penyerta atau komorbid.

Liputan6.com, Madiun - Dinas Kesehatan Kota Madiun mencatat pasien yang meninggal dunia akibat positif COVID-19 di wilayah mencapai 175 orang atau 6,81 persen dari total 2.571 kasus.

"Per hari ini ada tambahan dua kasus kematian akibat COVID-19. Total sudah ada 175 kasus kematian COVID-19 di Kota Madiun," ujar Kepala Seksi Pengelolaan Pelayanan Penyakit Menular dan Tidak Menular pada Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan KB Kota Madiun Tri Wahyuning Novitasari dikutip dari Antara, Kamis (27/5/2021).

Menurut dia, kasus kematian pasien COVID-19 di Kota Madiun masih saja terus bertambah. Salah satu penyebabnya kebanyakan karena pasien memiliki penyakit penyerta atau komorbid.

"Bahkan, pernah dalam satu hari ada tiga kematian. COVID-19 ini berbahaya, apalagi kalau sudah memiliki komorbid," katanya.

Pada penanganan kasus kematian, ada tim pemulasaran jenazah gabungan dari berbagai instansi hingga relawan, namun, jumlahnya terbatas. Pihaknya juga termasuk di dalamnya, meski tidak selalu turun ke lokasi, karena hanya bertindak sebagai koordinator tim.

"Dari rumah sakit biasanya menghubungi setiap kali ada kematian. Setelahnya saya koordinasikan dengan tim, termasuk di kelurahan setempat untuk pemakamannya," katanya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Disiplin dan Patuhi Prokes

Pihaknya meminta warga Kota Madiun untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan agar tidak tertular COVID-19. Meski program vaksinasi telah bergulir, protokol kesehatan jangan sampai kendor.

Dengan demikian, menurut dia, kasus penyebaran COVID-19 di Kota Madiun yang masih terjadi, dapat dicegah dan jumlahnya dapat ditekan.

Sesuai data, di Kota Madiun kasus COVID-19 hingga Selasa (25/5/2021) telah menjangkiti 2.571 orang. Dari jumlah itu, 2.283 orang di antaranya telah sembuh, 38 orang dalam perawatan, 75 orang melakukan isolasi mandiri, dan 175 orang meninggal dunia.

Tambahan kasus per Selasa (25/5), konfirmasi baru sebanyak 10 orang, sembuh tujuh orang dan meninggal dunia dua orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.