VIDEO: Melestarikan Tradisi Liwetan di Magetan Jelang Kelahiran Saat Gerhana Bulan

VIDEO: Melestarikan Tradisi Liwetan di Magetan Jelang Kelahiran Saat Gerhana Bulan

Mustofa Pradana (29) dan Retno Suminar (28) pasutri asal Magetan yang mengikuti tradisi liwetan pada saat gerhana bulan total. Tradisi ini dipercaya untuk memohon doa aga ibu dan bayi yang dikandungnya selamat hingga melahirkan. Berikut kita videonya pada Liputan6, (28/5/2021).

Salah satu pasangan suami istri yang mengikuti tradisi liwetan adalah Mustofa Pradana (29) dan istrinya Retno Suminar (28), warga Desa Pojoksari, Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Magetan.

Rabu pukul 18.20 WIB, saat gerhana bulan total terjadi. Pasangan suami istri ini menggelar ritual memasak nasi yang diberi santan, dan garam, menggunakan kuali tanah di luar rumah. Biasanya dalam tradisi ini, tuan rumah mengundang warga sekitar. Namun karena masih pandemi, semua masakan dinikmati bersama keluarga terdekat saja.

Tradisi liwetan ini sudah dilaksanakan secara turun temurun. Selain melestarikan tradisi, kegiatan ini diisi doa bersama kepada Tuhan, agar ibu dan bayi yang dikandungnya selamat hingga melahirkan.

"Jadi kita dianjurkan oleh sesepuh yang ada di sini menggelar tradisi liwetan dimana nasi liwet itu kita masak berdua, dan kita sajikan untuk keluarga, maupun lingkungan yang ada di sekitar, tujuan menurut orang-orang dulu kondisi kandungan diberi keselamatan sampai nanti hari kelahiran," kata Mustofa Pradana, Pasutri.

Usai menyantap makan bersama, tradisi ini diakhiri dengan memecah kuali yang digunakan memasak nasi liwet. Sementara itu, ibu yang tengah mengandung, mandi keramas untuk membersihkan badan, sebagai simbol untuk menghilangkan musibah.

Ringkasan

Oleh Didi N pada 30 May 2021, 16:00 WIB

Video Terkait

Spotlights