Sukses

Keseruan Ridwan Kamil Ngopi Bareng Bonek di Surabaya

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memanfaatkan kunjungan ke Jawa Timur dengan ngopi bareng bersama sejumlah perwakilan suporter Persebaya, bonekmania, di Warkop Pitu Likur di Surabaya.

Liputan6.com, Surabaya - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memanfaatkan kunjungan ke Jawa Timur dengan ngopi bareng bersama sejumlah perwakilan suporter Persebaya, bonekmania, di Warkop Pitu Likur di Surabaya.

"Saya kebetulan ada kunjungan dinas di Surabaya dan teringat teman-teman bonek. Makanya saya ke sini untuk silaturahim," ujar Kang Emil, sapaan akrabnya, di sela pertemuan, Minggu (30/5/2021), seperti dilansir Antara.

Ridwan Kamil berbincang dengan perwakilan bonek, seperti Husin Ghozali dan Capo Ipul dari Green Nord, Sinyo Devara (perwakilan Tribun Kidul), dan Sidik Tualeka perwakilan manajemen Persebaya.

Pada kesempatan tersebut, bonek memberikan kenang-kenangan berupa jaket serta syal Persebaya.

Kang Emil mengaku bertemu dengan perwakilan suporter karena memiliki memori dan kagum atas persaudaraan suporter Persib Bandung (bobotoh/viking) dengan bonekmania.

"Saya ke sini juga agar bisa bertukar nomor HP. Nanti, kalau bonek ke Jawa Barat lagi bisa menghubungi, saling menjaga dan silaturahim terjaga," ucapnya.

Tak itu saja, Kang Emil juga terkesan dengan hubungan bobotoh-bonek yang memiliki historis luar biasa, termasuk desain-desain kaos suporter keduanya.

"Dalam budaya suporter, banyak kaos-kaos 'Bobotoh-Bonek Bersaudara'. Itu menunjukkan ada sejarah yang harus menjadi contoh, bahwa ketika bertanding rivalitasnya 90 menit saja, setelah itu ya kembali sama-sama Indonesia Raya, sama-sama Pancasila, dan merah-putih," tuturnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Silaturahim

Mantan Wali Kota Bandung itu menegaskan kehadirannya murni silaturahim.

"Saya doakan, semakin ke sini semakin disiplin dan saling mengingatkan sehingga jangan ada korban fisik dan korban jiwa terhadap sepak bola yang kita cintai," kata dia.

Salah seorang perwakilan bonek, Husain Gozali, mengatakan pada intinya kunjungan Ridwan Kamil semata-mata menjaga silaturahim yang selama ini terjalin baik.

"Hubungan Surabaya dengan Bandung itu sangat akrab dan intens. Ada yang bilang, Bandung adalah rumah kedua bagi teman-teman bonek, begitu pula Surabaya adalah rumah kedua bagi teman-teman bobotoh," kata Cak Cong, sapaan akrabnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.