Sukses

Bandara Notohadinegoro Jember Kembali Layani Penumpang Komersial Juni?

Pemkab Jember akan mendukung dan membantu okupansi penumpang bisa naik, serta maskapai bisa tertarik kembali untuk terbang di Bandara Notohadinegoro Jember.

Liputan6.com, Surabaya - Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan, Bandara Notohadinegoro Jember akan kembali melayani penerbangan komersial pada pertengahan Juni 2021, setelah beberapa bulan tidak ada penerbangan komersial karena jumlah penumpang yang sedikit.

"Kami harus hidupkan kembali karena cukup lama bandara beristirahat, sehingga pertengahan Juni 2021 akan mulai ada pesawat yang melayani penumpang," katanya di Bandara Notohadinegoro Jember, Minggu (30/5/2021), seperti dikutip dari Antara.

Menurut dia, Pemkab Jember akan mendukung dan membantu okupansi penumpang bisa naik, serta maskapai bisa tertarik kembali untuk terbang di Bandara Notohadinegoro Jember.

"Sebenarnya bandara di Jember tetap beroperasi untuk melayani pesawat-pesawat pribadi karena setiap bulan pesawat pribadi banyak yang landing ke Jember," tuturnya.

Ia mengatakan, Pemkab Jember berencana memperpanjang lintasan pacu (runway) Bandara Notohadinegoro Jember pada 2022, sehingga dapat dipakai pesawat untuk rute Jakarta - Jember dan Jember - Denpasar.

"Dengan perpanjangan landasan, kami berharap Bandara Notohadinegoro dapat kembali beroperasi maksimal setelah mangkrak selama beberapa bulan lamanya," katanya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aman dan Layak

Sementara Kepala Pusat Potensi Kerdirgantaraan TNI AU Marsekal Pertama (Marsma) TNI Fajar Adriyanto mengatakan Bandara Notohadinegoro aman dan layak menjadi lokasi take off dan landing pesawat.

"Bandara itu punya potensi untuk aktif kembali. Apalagi Jember punya potensi luar biasa, baik potensi wisatanya maupun ekonomi, sehingga diharapkan semua pihak ikut membangkitkan Bandara Notohadinegoro," ujarnya.

Tim Garuda Terbang dari TNI AU dan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) melakukan manuver di langit Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021.

Sebanyak 19 pesawat yang terlibat terdiri dari 9 pesawat bermotor dan 10 pesawat paramotor melakukan akrobatik udara atau airshow yang take off dan landing di Bandara Notohadinegoro yang berada di Desa Wirowongso, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.