Sukses

Tes Covid-19 Massal di 18 Rusun Surabaya 50 Dinyatakan Positif

Berdasar hasil penelusuran, lanjut Feny, kebanyakan dari mereka yang terpapar setelah melakukan perjalanan mudik.

Liputan6.com, Surabaya - Kepala Dinkes Surabaya Febria Rachmanita mengungkapkan, pihaknya menemukan 50 penghuni Rumah Susun (Rusun) di Surabaya positif Covid-19 hasil dari tes swab terhadap 10.240 orang di 18 rusun yang ada di Kota Pahlawan tersebut.

"Awalnya ditemukan dua orang terkonfirmasi Covid-19, kemudian kita swab seluruh rusun Penjaringan Sari ternyata ada 12 orang. Akhirnya seluruh blok kita swab dan 18 rusun. Kurang lebih dari 18 rusun itu ada 50 orang yang positif," ujarnya, Senin (31/5/2021).

Wanita yang akrab disapa Feny ini mengatakan, dari 50 penghuni rusun positif Corona itu, kasus terbanyak terdapat di Rusun Penjaringan Sari Surabaya dengan total 25 orang yang terpapar.

Berdasar hasil penelusuran, lanjut Feny, kebanyakan dari mereka yang terpapar setelah melakukan perjalanan mudik. Kemudian karena kondisi rusun yang berdempetan membuat terjadinya penularan di rusun.

"Sekarang semua yang positif kita lakukan isolasi di Asrama Haji. Memang ada beberapa yang sudah pulang, setelah kita kasih vitamin pas kita lakukan swab sudah negatif," ucapnya

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sterilisasi Gedung

Feny menegaskan, pihaknya terus melakukan sterilisasi gedung rusun dengan melakukan penyemprotan disinfektan.

"Kita juga melalui Satgas Covid-19 tingkat Kecamatan dan Kelurahan melakukan pemantauan penerapan protokol kesehatan," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.